Sukses

Dealer Subaru Malah Jual Mobil Daihatsu, Kok Bisa?

Produsen mobil Subaru, Fuji Heavy Industries, akan menjual semua mobil kompak Daihatsu di seluruh dealer mereka di Jepang.

Liputan6.com, Tokyo - Produsen mobil Subaru, Fuji Heavy Industries, akan menjual semua mobil kompak Daihatsu di seluruh dealer mereka di Jepang. Bisa dibilang, ini adalah strategi yang tidak biasa.

Subaru, bersama dengan Daihatsu dan perusahaan induknya Toyota, memang telah menjalin kerja sama cukup lama. Mereka bertiga, misalnya, pernah meluncurkan truk kompak baru pada September 2014.

Meski demikian, sebagaimana dilaporkan Asia Nikkei, Subaru tidak benar-benar memajang mobil kompak Daihatsu. Para sales Subaru hanya akan menawarkan secara lisan bagi semua konsumen yang datang.

Total, ada delapan model Daihatsu yang akan ditawarkan. Tahun fiskal lalu, mereka berhasil menjual 34 ribu unit kendaraan.

Dikatakan, strategi ini dilakukan Subaru dalam rangka menjaga angka keuntungan tetap baik. Maklum, penjualan mobil di Jepang sedang mengalami perlambatan karena kondisi ekonomi secara umum.

Daihatsu sendiri telah memasok mobil kompak untuk Subaru dalam skema original equipment manufacturer (OEM) sejak 2009. Mereka memasok model bernama Tanto, yang di-rebadge oleh Subaru dengan nama Lucra.

Penjualannya cukup sukses. Tahun fiskal 2015, angkanya menyumbang sekira 35 persen dari volume penjualan mobil kompak Daihatsu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini