Sukses

Tengok Tampang Suzuki Gixxer di India

Suzuki India baru saja memperkenalkan Gixxer SF SP full fairing serta Gixxer SP naked versi facelift atau penyegaran.

Liputan6.com, Delhi - Suzuki India baru saja memperkenalkan Gixxer SF SP full fairing serta Gixxer SP naked versi facelift atau penyegaran. Samar-samar, Gixxer yang diuji jalan di Indonesia mirip dengan Gixxer di India ini.

Sebagaimana diketahui, baru-baru ini Suzuki GSX-R alias Gixxer terpantau uji jalan di Indonesia (dari platnya berasal dari Jakarta) dengan body yang penuh kamuflase. Ini adalah indikasi kuat bahwa motor sport fairing itu akan segera diluncurkan.

Dilaporkan auto.ndtv.com, Suzuki baru ini menggendong mesin SOHC 154 cc, berpendingin udara, bersilinder tunggal dua katup, yang hasilkan tenaga 14,5 tk pada 8.000 rpm dan torsi 14 Nm pada 6.000 rpm.

Pada motor edisi spesial ini, Suzuki menyematkan LED tailight, dengan instrumen LCD. Suspensi depan menggunakan garpu teleskopik, sementara di belakang ada suspensi monoshock adjustable tujuh-langkah.

Gixxer mampu menampung bahan bakar sebanyak 12 liter. Sementara berat bersihnya adalah 139 kg.

Diproyeksikan akan mengisi pasar motor harian bagi para penglaju (commuter), Suzuki Gixxer dibanderol dengan harga cukup murah, yaitu dimulai dari 80.726 rupee atau setara Rp 15,8 juta untuk model SP. Sementara model SF FP dihargai paling murah  88.857 rupee atau setara dengan Rp 17,4 juta.

Pertanyaannya, apakah motor ini yang akan diluncurkan di Indonesia? Nampaknya tidak. Pasalnya, jika dilihat lebih teliti, ada beberapa perbedaan antara keduanya. Yang paling terlihat jelas adalah knalpot. Meski keduanya sama-sama menganut knalpot dual silencer, namun bentuknya agak berbeda.

Selain itu, lampu belakang keduanya juga berbeda. Dimana lampu belakang Gixxer Indonesia sepertinya lebih kurang tajam dibanding yang di India.

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Agen Pemegang Merek (APM) Suzuki di Indonesia, melalui salah satu pejabatnya sudah memastikan bahwa yang akan ada di Indonesia beda dengan yang di India. Ia mengatakan bahwa Gixxer di sini akan lebih keren.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.