Sukses

Negara Ini Perbolehkan Berkendara Tanpa Bawa SIM dan STNK, Asal..

Di India baru saja diluncurkan aplikasi yang memungkinkan seseorang tak lagi membawa SIM dan STNK dalam dompetnya.

Liputan6.com, Delhi - Di Indonesia, kita harus selalu membawa SIM dan STNK saat berkendara. Lain halnya dengan India. Di sana baru saja diluncurkan aplikasi yang memungkinkan seseorang tak lagi membawa dokumen dalam dompetnya.

Dilaporkan ndtv.com, aplikasi yang diberi nama DigiLocker ini memungkinkan seseorang untuk menyimpan dokumen secara digital (cloud). Tujuan besar dari proyek ini adalah gagasan adanya tata kelola pemerintahan yang paperless.

Jadi, dengan aplikasi ini, seseorang dapat secara legal menyimpan dokumen terkait di cloud. Saat dibutuhkan, maka ia hanya tinggal mengaksesnya saja menggunakan perangkat mobile. Tentu harus ada akses internet saat itu.

Menteri Transportasi Darat India Nitin Gadkari mengatakan, aplikasi ini dapat meningkatkan transparansi dan tata kelola pemerintahan yang lebih bersih. "Hal ini akan membantu untuk menyingkirkan korupsi," terangnya.

Menurutnya, dengan cara ini, selain hemat kertas, keuntungan lainnya adalah petugas terkait dapat lebih mudah memvalidasi keaslian dokumen.

Sampai Rabu lalu (7/9), DigiLocker sudah memiliki 2,1 juta pengguna aktif. Ini masih jauh dari cukup. Pasalnya STNK yang terdaftar di seantero India saja jumlahnya telah mencapai 190 juta dan SIM sebanyak 10 juta.

DigiLocker juga dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan lain. Semisal membayar pajak, membuka rekening bank, transfer, dan lain sebagainya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini