Sukses

Cerita Setengah Abad Corolla, Sedan Legendaris Toyota

Corolla saat ini telah diproduksi lebih dari satu juta unit.

Liputan6.com, Tokyo - Siapa yang tidak mengenal nama Corolla. Publik sudah tidak asing dengan sosok sedan kompak buatan Toyota ini karena telah hadir sejak 1966.

Bertepatan tahun ini, Corolla menginjak usia 50 tahun. Sedan ini sejak awal lahir sudah digandrungi konsumen di pasar domestik Jepang dengan angka produksi 480 ribu unit di tahun pertama. Jumlahnya terus bertambah hingga saat ini rata-rata produksi hingga lebih dari satu juta unit dalam setahun di negara itu.

Dikutip Carscoops, Toyota meluncurkan Corolla di Eropa setahun setelah debut perdana di Jepang atau pada 1967, disusul tahun berikutnya di Amerika Utara. Bersamaan dengan itu, Toyota juga membuka produksi Corolla di luar Jepang yang berlokasi di Australia dan Malaysia.

Hingga saat ini, Toyota telah memproduksi Corolla di 16 pabrik di seluruh dunia. Total, raksasa otomotif Jepang itu telah meneaskan 11 generasi Corolla dalam tempo setengah abad.

Dalam perjalanan perusahaan selama 79 tahun berdiri, Corolla bahkan menyumbang satu dari lima kendaraan Toyota yang pernah dijual. Bisa dibilang, Corolla jadi salah satu andalan perusahaan yang didirikan oleh Akio Toyoda ini.

Menilik durasinya, Corolla menempati posisi kedua model Toyota yang masih bertahan hingga saat ini setelah Land Cruiser. Corolla juga menduduki model terlama kedelapan secara global di bawah Chevrolet Suburban dan Corvette, Ford F-Series dan Mustang, Mercedes Benz SL-Class, Porsche 911 dan termasuk Land Cruiser.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.