Sukses

Tesla Model S Jadi Mobil Tanpa Emisi Terbaik Dunia, Apa Kuncinya?

Mobil nol emisi manakah yang paling awet di dunia?

Liputan6.com, california - Salah satu faktor kunci dari sebuah mobil nol emisi adalah seberapa jauh ia bisa melaju. Pasalnya, mobil nol emisi umumnya menggunakan energi yang tidak tersedia di banyak tempat sebagaimana mobil yang `menenggak` bensin.

Baru-baru ini, Tesla Model S P100D berhasil mencatatkan diri sebagai mobil nol emisi paling awet sedunia. Mobil listrik ini bisa melaju hingga 506 km dalam satu kali pengisian baterai. Demikian seperti yang dilaporkan autoblog.com.

Penghargaan ini ditetapkan oleh Environmental Protection Agency (EPA). EPA mencatat, Model S P100D berhasil mengalahkan juara sebelumnya, mobil hidrogen Toyota Mirai. Kendaraan asal Jepang itu `hanya` mencatatkan jarak terjauh 502 km saja.

EPA mengatakan bahwa konsumsi energi Tesla Model S P100D setara dengan 98 MPGe (miles per gallon-gasoline equivalent). Angka ini sedikit lebih besar dibanding Model S varian terdahulu, P90D, yang mencatatkan angka 95 MPGe.

Sedikit komparasi harga, Model S P100D dibanderol mulai dari US$ 134,5 ribu atau setara Rp 1,77 miliar. Sementara Mirai dibanderol bahkan kurang dari setengahnya. Harga yang cukup mahal membuat Model S P100D belum tentu lebih laris ketimbang Mirai.

Sebagai informasi tambahan, Tesla Model S P100D mampu melaju hingga 100 km/jam hanya dalam waktu 2,5 detik. Tenaga mobil ini berasal dari baterai 100k Wh. Sementara kapasitasnya maksimalnya adalah 5 penumpang dewasa, plus dua anak-anak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.