Sukses

Naik Stroke, Cara Kail Tenaga Honda Beat di Putaran Atas

Bearing bambu di connecting rod dan rantai keteng bisa memanfaatkan milik Vario 125.

Liputan6.com, Jakarta - Modifikasi di sektor performa masih menjadi idola di kalangan pembesut roda dua, khususnya skutik. Modifikasi bertujuan meningkatkan performa tunggangan baik pada sisi akselerasi ataupun tenaga di putaran atas.

Efendi, pemilik bengkel Pepen Motor punya resep sederhana namun jitu untuk mengail tenaga Honda Beat di rpm tinggi. Caranya dengan naik stroke dengan memanfaatkan beberapa komponen milik Vario 125.

"Naik stroke di Beat atau Vario 110 bisa ganti laher bambu punya Vario 125. Setang seher sama, beda di bearing bambu, hasilnya buat putaran atas nafasnya panjang," tutur pria yang membuka bengkel di Kayu Manis 8, Jakarta Timur ini pada Liputan6.com.

Jenis modifikasi ini menurut Empen lebih cocok bagi para komuter yang menempuh jarak cukup jauh, semisal Jakarta-Bekasi atau Jakarta-Tangerang. "Buat touring jarak jauh yang jarang ada macet tenaganya juga lebih terasa," katanya.

Untuk menyesuaikan langkah torak yang maju, Empen menjelaskan bila head bawah perlu diganjal lapisan paking berbahan plat antara 3-5 lembar. Adapun standarnya hanya memakai selembar paking.

"Paking yang di head bawah (bahan plat) dari selembar dibuat antara 3-5 lembar. Rantai keteng perlu naik sekira 2 mata, jadi ganti dengan yang punya Vario 125 juga," tuturnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.