Sukses

Isuzu Kalahkan Toyota dan Honda di Thailand

Isuzu Thailand berhasil menjadi merek otomotif teratas dalam sales satisfaction indeks, mengalahkan Toyota dan Honda.

Liputan6.com, Bangkok - Isuzu Thailand berhasil menjadi merek otomotif teratas dalam sales satisfaction index atau indeks kepuasan penjualan yang dirilis oleh konsultan otomotif, teknologi informasi, dan keuangan JD Power.

Dilaporkan Bangkok Post, dalam Thailand Sales Satisfaction Indeks (SSI) yang dirilis Jumat lalu (30/9/2016) ini, Isuzu ada di posisi teratas, mengalahkan merek yang di Indonesia sebetulnya lebih ternama. Misalnya Honda dan Toyota.

Isuzu berhasil mendapat peringkat tertinggi dengan skor 822. Pabrikan asal Jepang ini dianggap sangat baik dalam aspek inisiasi penjualan, fasilitas dealer, kesepakatan pembelian, hingga proses pengiriman kendaraan.

Sementara Honda dan Toyota berada di posisi dua dan tiga. Keduanya terpaut 9 poin dari Isuzu atau sama-sama mengumpulkan angka 813. Di posisi keempat ada Suzuki yang hanya terpaut satu poin saja, 813.

Secara keseluruhan, kepuasan konsumen dalam proses pembelian kendaraan meningkat ke angka 811 (dari maksimal 1.000 poin) pada 2016, dibanding tahun lalu yang berada di angka 801. Sementara proporsi pelanggan yang puas dalam seluruh proses penjualan naik menjadi 22 persen setelah tahun lalu hanya berada di angka 8 persen.

Siros Satrabhaya, Country Manager JD Power Thailand, mengatakan bahwa hasil ini diperoleh merek di tengah industri yang melesu dalam empat tahun terakhir. Dengan begitu mereka bekerja lebih keras karena pasarnya mengecil. "Dealer harus bekerja pada pengembangan hubungan pribadi dengan pelanggan," ujarnya.

Untuk diketahui, Thailand SSI tahun ini diikuti oleh 2.560 responden yang merupakan pemilik kendaraan baru. Mereka membeli kendaraan dari Agustus 2015 hingga April 2016. Sementara surveinya sendiri berlangsung antara Februari hingga Juni lalu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini