Sukses

Jangan Salah Beli, Ban Balap Bukan untuk Pemakaian Harian

Ban balap dengan kompon soft dan medium lebih cepat habis tergerus aspal.

Liputan6.com, Jakarta - Ban untuk balapan jelas memiliki performa lebih tinggi dari ban untuk harian. Namun siapa sangka, durabilitas ban balap tidak setangguh street tire.

Di dunia balap, kompon ban terbagi dalam tiga jenis, yakni soft, medium, dan hard. Refil Hidayat, Sport Segment Business Manager Michelin Indonesia, menyebut, jenis kompon terakhir lah yang lebih cocok sebagai street tire.

"Ban kompon soft dan medium hanya ada di motorsport, bukan street tire. Cuma, konsumen narik-narikin (memakai) saja ke street tire," kata pria dengan sapaan Refil ini pada Liputan6.com.

[bacajuga:Baca Juga](2617494 2590696 2590696)

Pria berambut cepak ini menuturkan ban dengan kompon soft dan medium memiliki karet yang fleksibel dan lentur. Tujuannya, untuk memaksimalkan grip ban di sirkuit.

Refil berujar jika ban balap tidak sesuai untuk pemakaian sehari-hari. Betapa tidak, bagian tapak ban bakal cepat habis tergerus.

"Pada saat dipakai buat street tire mungkin cuma 200 kilometer sudah gundul, jadi tidak bisa memenuhi kebutuhan konsumen sehari-hari untuk jangka waktu atau keawetan yang lebih panjang. Kalau kita ngomongin street tire, itu lebih ke hard compound semua," tuturnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini