Sukses

Kuras Oli Motor Sendiri di Rumah, Begini Caranya

Suhu mesin selagi masih hangat membantu oli lebih mudah turun.

Liputan6.com, Jakarta - Ganti oli motor sebenarnya tidak perlu harus pergi ke bengkel. Anda bisa melakukannya sendiri di rumah apabila memiliki peralatan yang memadai.

Proses ganti oli ini ada cara tersendiri agar sisa-sisa pelumas tidak menempel di mesin. Untuk flushing alias menguras oli ini kunci utamanya yaitu pada suhu mesin.

"Ganti oli sebenarnya bagus saat suhu hangat kuku. Jadi motor setelah perjalanan dibiarkan sebentar sampe mesin hangat, ini supaya oli encer. Kalau masih panas buka bautnya juga gampang slek," ujar Fikri, mekanik senior Aris Motor di Kayu Manis 8 Jakarta Timur, kepada Liputan6.com.

Pria bertubuh gempal ini menjelaskan suhu hangat kuku ini membuat oli hangat di dalam mesin akan lebih mudah mengalir turun. Untuk mempercepat saat menguras sisa oli, Fikri menyarankan agar tutup oli bagian atas dibuka untuk memberi sirkulasi udara.

kondisi oli kalau hangat kuku masih encer, makanya di bengkel itu pasti ganti oli motor waktu suhu mesin masih hangat. Setelah oli turun semua ke bak pembuangan, sisa yang menempel di mesin cukup ditiup dengan bantuan selang. Itu olinya langsung turun," sambung pria yang karib disapa Bento ini.

Selain itu ia tidak merekomendasi pemilik motor yang ingin menguras di pagi hari, setelah oli turun semua di bak mesin semalaman. Alasannya, suhu mesin yang sudah dingin membuat oli mengental dan endapannya sulit turun.

"Kuras oli pagi hari waktu mesin dingin juga bisa, tapi kurang maksimal di pembuangan olinya. Oli baru bisa tercampur sisa oli lama yang mengendap, karena sudah lengket dan itu sulit ditiup manual pakai selang," ungkapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini