Sukses

Ini Cara Ampuh Bikin Kapok Pemilik Mobil yang Parkir Sembarangan

Pengemudi baru bisa melepaskan Barnacle setelah membayar denda dan memasukkan password ke alat itu.

Liputan6.com, Florida - Parkir sembarangan tidak hanya terjadi di Indonesia, tetapi juga di Amerika Serikat (AS). Beragam cara telah dilakukan pihak berwenang untuk memberi efek jera kepada pengemudi, mulai dari mengutip denda, mengunci roda, sampai menggunakan suatu alat yang menghalangi pandangan.

Alat yang dinamai Barnacle alias `kerang` ini mulai diuji coba di Allentown, Pennsylvania, dan Fort Lauderdale, Florida. Perangkat ini menggantikan gembok roda dan tidak perlu merepotkan petugas saat pemasangan.

Petugas harus membungkuk saat memasang gembok roda, ini akan sangat merepotkan apabila kondisi lalu lintas sedang ramai. Sesuai dengan namanya, Barnacle bentuknya seperti cangkang kerang atau buku dan tinggal dibuka saat dipasang di kaca depan.

"Saya selalu mencari metode lain yang bisa melumpuhkan kendaraan dan memaksa orang-orang membayar tiket mereka namun tidak menjadi risiko atau bahaya," ucap Tamara Dolan, direktur eksekutif Otoritas Parkir Allentown sebagaimana dikutip LATimes.

Pengemudi yang melanggar cukup menghubungi nomor telepon bebas pulsa yang tercantum pada bagian dalam Barnacle. Petugas akan memberi password untuk membuka alat setelah pengemudi membayar denda secara online. Setelah itu, pengemudi diwajibkan mengembalikan 'cangkang kerang' itu ke lokasi drop off 24 jam setelah dilepaskan.

Cara ini cukup merepotkan bagi pengemudi, dan mereka tidak bisa sembarangan melepas Barnacle dari kaca depan. Bagaimana tidak, alat seberat 9 kilogram ini menggunakan sistem vakum yang menempel kuat di kaca, dan baru terlepas apabila pengemudi memasukkan password.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.