Sukses

Pakai Ban Ini, Mobil Bisa Jalan Menyamping

Ban mampu menggulung ke dalam dengan bantuan motor eksternal.

Liputan6.com, Ontario - Seorang sopir asal Ontario, Kanada, berhasil menciptakan ban yang bisa membuat mobil meluncur langsung ke samping. Ban revolusioner ini baru saja diluncurkan di London, Inggris.

Orang yang menciptakan ban ini bernama William Liddiard, sopir kendaraan komersil. Ia mengaku menghabiskan uang hingga US$ 61 ribu atau setara Rp 800 juta untuk mengembangkan serta mengajukan paten ban ini.

Cara kerja ban ini, sebagaimana dikutip dari cnbc.com, Kamis (20/10/2016), adalah mampu `menggulung` ke dalam. Ban omnidirectional ini dapat melakukan gerakan tersebut berkat bantuan dari motor eksternal.

Jika diaktifkan dan mobil meluncur ke samping, maka kecepatannya hanya 1 mil per jam. Meski demikian, tentu ini sangat besar manfaatnya, misalnya saat parkir. Pengemudi yang pakai ban ini tak perlu repot lagi saat parkir paralel.

"Saya sedang menonton acara truk, dan mereka sangat sulit melakukan itu (parkir). Jadi itulah bagaimana awalnya datang dengan ide mendesain ulang roda," ujarnya, saat ditanya bagaimana awalnya memikirkan inovasi ini.

Sejauh ini produk inovatif tersebut baru sampai pada tahap prototipe. Meski nantinya bisa diproduksi massal, namun Liddiard mengaku cukup kerepotan. Pasalnya untuk mengembangkan bisnis ini perlu modal besar.

"Saya akan senang melihat perusahaan besar mengambil dan menjalankannya. Mereka bisa membawanya ke pasar lebih efektif dan lebih cepat daripada yang saya bisa. Tapi saya tidak akan berhenti," ujarnya.

Liddiard memperkirakan biaya satu unit ban mencapai angka US$ 1.541 atau setara Rp 20 juta. Harganya bisa berubah, tergantung ukuran dan kendaraan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini