Sukses

Bos Nissan Siap Pegang Kendali Mitsubishi

Chief Executive Nissan Motor Carlos Ghosn kabarnya bakal memegang kendali Mitsubishi Motors.

Liputan6.com, Jakarta - Chief Executive Nissan Motor Carlos Ghosn kabarnya bakal memegang kendali terhadap Mitsubishi Motors. Keputusan ini dibuat pasca Nissan-Renault membeli 34 persen saham pabrikan berlambang tiga berlian itu.

Informasi ini, sebagaimana dilansir dari Reuters, diperoleh dari orang dalam yang disembunyikan identitasnya. Ghosn, yang berjuluk `le cost killer` punya catata brilian. Ia sukses membangkitkan Nissan dari jurang kebangkrutan pada 1999 dan punya peran penting di Renault sejak 2005.

Atas dasar inilah, Ghosn bakal menjadi penyelamat bagi Mitsubishi. Ia akan mencari solusi kerugian 28 miliar yen akibat skandal manipulasi konsumsi bahan bakar.

Menurut sumber, hingga saat ini baik Nissan-Renault maupun Mitsubishi belum memutuskan siapa yang bakal menjadi Presiden Mitsubishi.

"Dia sukses menyelamatkan Renault pada 1990 dan melakukan banyak hal di Nissan. Jadi saya yakin Mitsubishi Motors jadi tantangan baru buatnya," tutur analis dari CLSA Christopher Richter.

Disambut baik

Seangin dengan Richer, Executive Vice President pemegang saham Mitsubishi menyambut baik bila Ghosn ditunjuk mengepalai perusahaan. "Dia sepertinya lebih baik daripada yang lain," tuturnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini