Sukses

Heykers Debut, Apa Bedanya dengan Toyota Yaris Biasa?

PT Toyota-Astra Motor (TAM) menjaga kepemimpinan di segmen hatchback medium dengan merilis new Haykers.

Liputan6.com, Jakarta - PT Toyota-Astra Motor (TAM) menjaga kepemimpinan di segmen hatchback medium dengan merilis new Haykers. Hadir sebagai teman new Yaris, lantas apa bedanya?

Pertama, hal yang mencolok tentu saja adalah dari aspek kosmetikanya. New Yaris memiliki bumper spoiler, roof spoiler, side stripe, dan alloy wheel. Sedangkan Heykers punya overfender, roofrail, side skirt, rear spoiler, juga rear bumper.

Kedua adalah soal ground clearance. Heykers dibuat lebih tinggi 35 mm menjadi 184 mm. Sedangkan new Yaris ground clearance-nya hanya 149 mm.

Dijelaskan, peningkatan ground clearance ini berkat penerapan ban berprofil 195/55 R16 (+15mm) dan suspensi TRD (+20 mm).

Yaris Heykers yang lebih tinggi tersebut diklaim Sutrimono, Deputy Division Head Product Planning & Development tak mengganggu stabilitas berkendara. Dia menjelaskan, Toyota mampu memformulasikan agar stabilitas Heykers sama dengan Yaris standar.

"Kami bekerjasama dengan TRD Indonesia mengembangkan suspensi khusus. Selain itu kami juga memilih karakter ban yang sesuai dengan mobil," imbuh dia.

Pengujian
Lebih lanjut, Heykers juga telah memenuhi sejumlah standar saat melakoni tes di Toyota Jepang. Sutrimono menjelaskan, ada dua tes penting yang dilakoni.

Tes suspensi dengan mensimulasikan Heykers pada kondisi emergency escape. "(Di sini) kendaraan dituntut untuk bermanuver dan di sinilah kami mendapat level yang cukup soal stabilitas," papar dia.

"Selain itu kami juga ada tes performa. Ini dilakukan untuk mendapatkan level riding comfort."

Secara performa dan stabilitas, Sutrimono mengklaim baik Heykers dan Yaris standar tak ada bedanya. Meskipun, Hekyers dirancang untuk memiliki kemampuan jelajah medan jalan yang lebih bervariasi ketimbang Yaris standar.

Sementara untuk mesin, new Yaris dan Heykers mengusung 2NR-FE berkubikasi 1.496 cc dengan teknologi dual VVT-i. Tenaga dari mesin disalurkan ke roda depan lewat transmisi manual lima percepatan atau CVT sequential 7-percepatan.

"Mesinnya sama dengan Sienta, tapi dari sisi power ada sedikit penyesuaian lebih rendah," ucap dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini