Sukses

Bajaj Pulsar 180 Dapat Peningkatan Fitur, Ini Detailnya

Bajaj Pulsar 180 akan segera disegarkan. Satu perubahan adalah instalasi rem belakang.

Liputan6.com, Delhi - Bajaj India akan memperbarui lineup model Pulsar mereka pada akhir tahun ini, di mana salah satu yang akan disegarkan adalah Pulsar 180.

Menjelang peluncuran, seorang Youtuber bernama Dino's Vault telah terlebih dulu mengulas motor baru ini dan mengunggahnya. Dari video tersebut kita dapat ketahui apa yang berubah dari motor yang pertama kali diperkenalkan pada 2001 itu.

Satu aspek perubahan penting yang terdapat pada motor ini adalah telah digunakannya rem cakram untuk ban belakang, setelah sebelumnya selalu mengandalkan tromol. Dengan begitu motor ini lebih aman dibanding pendahulunya.

Desain secara keseluruhan tak terlalu berbeda jauh. Hanya terdapat perubahan kecil, semisal di panel instrumen yang telah mengenakan backlight biru (sebelumnya oranye), jok yang diklaim lebih empuk, serta warna matte pada ujung stang.

Tidak banyak yang diketahui soal mesin. Tapi, menurut laman rushlane.com, mesin Pulsar 180 lebih efisien, responsif, dan andal di putaran bawah. Mesin baru juga akan memenuhi standar emisi yang berlaku di India.

Sebagai pengingat, Pulsar 180 edisi terakhir menggendong mesin 178,6 cc, air-cooled, DTS-i, yang keluarkan tenaga 17 Tk pada 8.500 rpm, dan torsi 14,22 Nm pada 6.500 rpm. Motor barunya akan lebih kuat dari itu, meski basisnya sama.

Sayangnya, motor baru ini sepertinya tak bisa dinikmati konsumen Indonesia. PAsalnya telah sejak beberapa bulan lalu PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) memutuskan tak lagi memasukkan line-up Pulsar dengan alasan efisiensi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.