Sukses

Standar Tengah Skutik Macet? Ini Penyebab dan Solusinya

Sejumlah pengguna motor matik mengeluhkan standar tengah tak berfungsi normal.

Liputan6.com, Bandung - Sejumlah pengguna motor matik mengeluhkan standar tengah tak berfungsi normal. Misalnya, standar macet dan susah dioperasikan. Kondisi ini tentu saja merepotkan apabila ingin memanaskan motor. 

Penyebab rusaknya standar tengah motor matik umumnya karena adanya karat seiring usia motor. Meskipun, tak sedikit masalah ditimbulkan karena kelalaian pengguna.

Kurangnya perawatan menjadi sebab rusaknya standar skutik. Membersihkan atau mencuci standar tengah skutik bisa menjadi salah satu langkah perawatan paling dasar. Macetnya standar tengah seringkali terjadi karena banyaknya kotoran yang menempel.

Cara lain yang bisa dilakukan untuk merawat standar tengah agar tak menjadi keras adalah dengan secara teratur memberikan lapisan anti karat pada besi dan engsel standar tengah motor skutik.

Perawatan ini sangat penting karena bila standar tengah skutik benar-benar sudah tak bisa berfungsi alias macet, maka besi pada skutik perlu dipotong sebelum diganti dengan yang baru.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.