Sukses

Solusi Otomotif: Penyebab Mesin Honda BeAT Mati Mendadak

Ada beberapa pengecekan yang perlu dilakukan untuk mengetahui secara pasti penyebab mesin mati setelah diturunkan dari posisi standar dua.

Liputan6.com, Jakarta - Saat distandar dua dan menyalakan mesin menggunakan kick starter bisa menyala dengan mudah. Sedangkan saat diturunkan dari posisi standar dua motor seketika mati. Di samping itu, apabila mesin tetap menyala ketika diturunkan dan berboncengan mesin kembali mati. Kenapa ini terjadi? Mohon penjelasannya. - Rias-  

Dear Rias Yudhitya,

Untuk keluhan motor BeAT Anda, ada beberapa pengecekan yang perlu dilakukan untuk mengetahui secara pasti penyebab mesin mati setelah diturunkan dari posisi standar dua (main stand), yaitu:

  • Pengecekan routing kabel sudah sesuai dengan rekomendasi pabrikan (terlebih telah dilakukan modifikasi). Routing kabel yang tidak standar dapat menyebabkan kabel tertarik dan putus pada saat posisi motor berubah serta menyebabkan korsleting.
  • Lakukan pengecekan terutama pada routing kabel sumber tenaga dari aki ke kunci kontak kemudian ke CDI. Dan juga routing kabel dari kunci kontak ke busi.
  • Cek kabel stator comp terutama pada saat posisi setelah diturunkan dari main stand, cek bagian klem kabel dan ukur kontinuitas pada kabel stator comp apakah ada rangkaian yang terputus atau tidak.
  • Pastikan secara keseluruhan kabel body tidak ada yang terkelupas (berpotensi korsleting) dan pastikan socket-socket kabel terpasang sempurna.


Demikian informasi dari saya, semoga dapat bermanfaat. Terima kasih.

Salam,
Venus Adha

==

Bagi Anda yang ingin mengirimkan pertanyaan, silakan kirim ke email: otoliputan6@gmail.com dengan format sebagai berikut:

Subject : SOLUSI OTOMOTIF
Nama :
Usia:
Lokasi :
Pertanyaan :

Hanya pertanyaan terpilih yang akan kami tayangkan. Pertanyaan akan dijawab langsung Venus Adha, Head of Technical Training and Quality Assurance Development Wahana Makmur Sejati.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.