Sukses

Trik Hemat BBM ala Perusahaan Asuransi Mobil

Kemacetan menjadi salah satu biang keladi dan membuat konsumsi bahan bakar menjadi boros. Begini cara agar hemat BBM.

Liputan6.com, Jakarta Hemat BBM bukan perkara mudah. Maklum, tak bisa dipungkiri kemacetan sering terjadi di ruas jalanan khususnya di kota-kota besar. Berbagai faktor timbul, mulai dari volume mobil yang semakin menjamur, kondisi jalan dan infrastrukur yang tak memadai, serta adanya proyek-proyek pembangunan.

Akibatnya, kemacetan menjadi salah satu biang keladi dan membuat konsumsi bahan bakar menjadi boros. Namun ternyata, kondisi macet juga bisa diakali agar konsumsi BBM tetap hemat.

Menurut Astra Asuransi, agar hemat BBM, setidaknya ada enam cara yang perlu diketahui, sehingga konsumsi BBM pada mobil tetap hemat ketika berada di kemacetan.

Pertama, cek kondisi kendaraan. Mobil yang memiliki kondisi prima akan mempengaruhi konsumsi bahan bakar. Oleh karena itu pengecekan rutin bisa dilakukan setiap sebelum berkendara. Termasuk saat menyalakan mesin dan mendengarkan bunyi mesin mobil.

Bunyi mesin yang terdengar halus sesuai dengan jenis mesinnya bisa dipastikan mobil mumpuni untuk dikendarai. Oleh karena itu, lakukan servis secara rutin dengan mengecek buku manual kendaraan.

Kedua, gunakan batas kecepatan yang ditentukan. Salah satu yang terpenting, pertahankan laju kendaraan dalam batas kecepatan tertentu. Caranya, menginjak pedal gas secara perlahan dan bertahap. Sangat signifikan menghemat BBM.

Hindari pengereman mendadak. Sebab, setelah pengereman dibutuhkan kenaikan tekanan pedal gas untuk mengembalikan laju kendaraan.

Ketiga, gunakan transmisi gigi yang tepat. Sebab, menggunakan transmisi gigi rendah atau gigi tinggi pada jalan berbukit atau menanjak dapat menyebabkan konsumsi BBM lebih boros.

Keempat, pastikan udara ban cukup, atau sesuai dengan yang direkomendasikan pabrikan. Sebab, konsumsi BBM diklaim bisa lebih hemat hingga lima persen.

Sementara ban mobil yang kekurangan angin bisa menyebabkan gesekan lebih besar. Oleh sebab itu, mobil menjadi lebih terbebani.

Kelima, rencanakan rute perjalanan dengan baik.  Dengan begitu, rute perjalanan bisa diprediksi, karena bisa memilih jalanan mana yang lebih lancar untuk menghindari kemacetan. Dengan demikian mobil jadi hemat BBM.

Keenam, pilih kendaraan yang hemat BBM. Pasalnya, saat ini banyak pilihan mobil yang diklaim memiliki efisiensi bahan bakar yang baik.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini