Sukses

Mitsubishi Pajero Sport Raih 5 Bintang dalam Tes Tabrak

Mitsubishi Pajero Sport memperoleh angka relatif memuaskan di tes tabrak yang diselenggarakan ASEAN NCAP.

Liputan6.com, Selangor - ASEAN NCAP, program penilaian mobil baru yang diinisiasi Malaysia Institute of Road Safety Research baru saja merilis hasil tes tabrak untuk Sport Utility Vehicle (SUV) populer, Mitsubishi Pajero Sport.

Dalam tes ini ada dua aspek yang dinilai, perlindungan orang dewasa (Adult Occupant Protection/AOP) dan perlindungan anak-anak (Child Occupant Protection/COP). Uji coba dilakukan dengan cara menabrakkan mobil dengan kecepatan 64 km/jam.

Dalam informasi yang tertera pada laman aseancap.org, dikutip Senin (19/12/2016), disebutkan bahwa model yang diuji adalah yang dibuat di Thailand. Meski demikian, perbedaan yang relatif tidak signifikan membuat hasil tes tabrak ini tetap bisa dijadikan acuan untuk menilai Pajero Sport yang dijual di Indonesia.

Lantas, bagaimana hasil tes tabraknya? Untuk perlindungan bagi orang dewasa, Pajero Sport memperoleh angka 15,29 dari total 16.

Empat dari lima bintang diberikan pada varian yang tidak dilengkapi dengan Electronic Stability Control (ESC) dan frontal occupants Seatbelt Reminder System (SBR), sementara bintang maksimal diperoleh varian yang lebih tinggi.

Sementara untuk aspek COP, Pajero Sport memperoleh angka 76 persen. Lima bintang diperoleh varian tertinggi, sementara yang lebih rendah hanya empat.

Dibanding Pajero Sport versi lawas, mobil baru ini memperoleh nilai yang jauh lebih tinggi. Sebagai pembanding, hasil AOP Pajero Sport pada 2012 lalu hanya 12,08, sementara COP-nya kala itu hanya 40 persen.

Hasil tes tabrak Mitsubishi Pajero Sport selengkapnya bisa dilihat di laman berikut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.