Sukses

India Sudah Bisa Bikin Mobil Otonomos

Setelah negara-negara maju serta pabrikan kelas dunia tampil ke muka, kini giliran negara berkembang seperti India yang memperkenalkan mobil

Liputan6.com, Pune - Setelah negara-negara maju serta pabrikan kelas dunia tampil ke muka, kini giliran negara berkembang seperti India yang memperkenalkan mobil otonomos. Protitipenya diperkenalkan Sabtu (21/1/2017) lalu.

Automotive Research Association of India (ARAI), bekerja sama dengan Cognizant Technologies, dalam penutupan Symposium for International Automotive Technology memutarkan uji jalan mobil otonomos buatan mereka di jalur khusus.

Dalam video itu, sebagaimana dilaporkan Times of India, Minggu (22/1/2017), mobil merlihat bergerak mulus, belok ke kanan dan kiri, dan berputar. Ini adalah hasil dari kerja keras sekira 20an orang yang tergabung dalam tim.

Proyek ini sekaligus ingin membantah klaim yang menyebut bahwa mobil otonomos hanya bisa digunakan di negara maju, di mana infrastruktur jalan termasuk markanya sudah baik.

Bos Maruti Suzuki, R C Bhargava misalnya, pernah mengatakan bahwa "mobil otonomos tidak akan bekerja di India. Menurutnya, lalu lintas India begitu kacau.

Namun, Mangesh Saraf selaku wakil direktur ARAI, mengatakan bahwa teknologi ini masih tetap digunakan di India, namun dalam kondisi tertentu saja. Misalnya saat malam hari, atau di jalan-jalan protokol. Ini tetap bisa mengurangi kecelakaan.

"Kendaraan otonomos juga butuh driver-assisted vehicles dengan reaksi yang lebih baik dan cerdas," ujarnya.

Ia menambahkan, mobil otonomos buatan India ini dalam enam bulan ke depan akan diuji di jalanan umum. Selain itu, jumlah kendaraan juga akan ditambah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.