Sukses

Lebih Dekat dengan Bus Tingkat Mewah Jakarta-Wonogiri

Bus mewah PO Putera Jaya resmi mengoperasikan bus tingkat mewah dengan rute Jakarta-Solo-Wonogiri.

Liputan6.com, Jakarta - Bus adalah moda transportasi yang relatif lebih murah ketimbang yang lain. Ia semakin banyak dipakai saat musim-musim tertentu, misalnya saat Lebaran. Masalahnya, terkadang soal kenyamanan dan keselamatan penumpang dinomorduakan.

Hal yang sama sekali berbeda diberikan oleh Perusahaan Otobus (PO) Putera Mulya. Sejak Hari Natal tahun lalu, mereka resmi membuka rute Jakarta-Solo-Wonogiri menggunakan bus tingkat mewah berbasis Scania K410IB Opticruise.

Bagaimana tidak bisa disebut mewah, untuk kelas elegant saja, sudah terdapat beragam fitur menarik yang tidak akan dijumpai pada bus biasa. Dari mulai soliter LCD passenger on seat, electric seat adjustable, leg rest, toilet, juga coffee maker.

Untuk First Executive Class yang berada di dek atas, bus tingkat ini juga menawarkan fasilitas semacam soliter LCD passenger on seat, reclining seat, toilet, leg rest, dan water dispenser. Di sini bahkan terdapat ruang ruang merokok.

Kurnia Lesani Adnan, Pimpinan PT Putera Mulya Sejahtera, mengatakan bahwa apa yang perusahaannya lakukan ini adalah demi mengurangi ketergantungan terhadap kendaraan pribadi, terutama di musim-musim mudik.

"Harapan kami masyarakat sudah tidak berpikir lagi menggunakan mobil pribadi, sehingga kemacetan lalu lintas saat musim ramai semakin kecil," ujarnya.

Scania K410IB mengandalkan mesin 13 liter DC13 yang sudah memenuhi standar emisi Euro 5. Mesin enam silinder segaris, 4-katup per silinder, turbo-charged, intercooled, yang didukung Scania PDE Injection dan air cleaner itu mampu menyemburkan tenaga 410 Tk pada 1.900 rpm dan daya puntir 2.000 Nm pada 1.000 - 1.350 rpm.

Masih penasaran? Berikut adalah video lengkap bus mewah Putera Mulya tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.