Sukses

Pasang Peredam di Kabin Mobil Murah, Berapa Biayanya?

Untuk pasang peredam di kabin mobil, biasanya butuh 30 sampai 40 lembar. Lalu, berapa harganya?

Liputan6.com, Jakarta - Untuk meredam suara bising dari luar mobil, seperti suara mesin, jalanan, atau air hujan, banyak cara yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah dengan memasang peredam kabin. Ini bisa diterapkan pada mobil murah (LCGC) yang anggap memiliki tingkat peredaman kurang baik.

Kebanyakan mobil murah, memang memiliki masalah kurang senyapnya kabin mobil. Dengan menggunakan peredam secara ekstrim, seperti di pintu, plafon, dan ruang mesin (firewall), bisa mereduksi suara dari luar hingga 20 dB (desibel).

Lalu, berapa estimasi biaya untuk pemasangan peredam di kabin mobil?

"Untuk harga per lembarnya bervariasi, untuk Autofun 1,6 mm dibanderol Rp 200 ribu, untuk Groundzero 1,6mm juga Rp 200 ribu. Sedangkan untuk yang lebih tebal, Groundzero 2,2mm Rp 250 ribu," jelas Eddie Soesanto, pemilik Cartens Autosound, saat berbincang dengan Liputan6.com, Selasa (21/3/2017).

Pria ramah ini  melanjutkan, untuk paket pemasangan peredam mobil murah atau LMPV, mulai dari lantai, pintu, dan plafon dibanderol Rp 7 sampai 8 juta.

Sedangkan untuk model-model seperti SUV, untuk lantai, pintu, dan plafon, sekira Rp 5 sampai 6 juta.

"Pemasangan peredam satu full mobil, bisa dua sampai tiga hari. Karena harus menurunkan jok, plafon, dashbord dan lain-lain. Sedangkan untuk pemasangan peredam di pintu, hanya dua sampai tiga jam, bareng dengan speaker jika mengganti dengan produk aftermarket," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini