Sukses

Begini Wujud Bus Zaman Dulu

Chevrolet AA Series yang dibuat sejak 1927 ini tampak mirip truk pikap.

Liputan6.com, Jakarta - Bus-bus jadul (Jaman dulu) warnai ajang Indonesia Classic N Unique Bus (InCUBUS) 2017 yang digelar bersamaan dengan acara Indonesia International Auto Parts, Accesories & Equip Exhibition (INAPA) 2017 yang berlangsung di Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran, Jakarta.

Dari sejumlah bus yang dipamerkan di hall C, JIExpo, ada satu koleksi bus yang sungguh menyedot perhatian, yakni Chevrolet AA Series. Ya, kendaraan buatan Negeri Paman Sam ini memang terlihat tak seperti bus pada umumnya.

Sebaliknya, Chevrolet AA Series yang dibuat sejak 1927 ini tampak mirip truk pikap. Ini karena desainnya cukup unik.

Bus Chevrolet AA Series dipajang pameran Indonesia Classic N Unique Bus (InCUBUS). (Herdi Muhardi)

Chevrolet AA Series ini memiliki bodi yang masih kental dengan kendaraan-kendaraan ‎jadul. Ada moncong pada bagian depan, ditambah lampu-lampu bulat menonjol keluar.

Jika melihat dari samping, yang menarik terlihat pada bagain kaki-kaki. Meski terbuat dari logam, namun desain pelek telihat seperti jari-jari yang terbuat dari kayu. Mirip roda delman.‎

Bus Chevrolet AA Series dipajang pameran Indonesia Classic N Unique Bus (InCUBUS). (Herdi Muhardi)

‎Bagian bodi belakang juga tidak menggunakan atap tertutup. Sebaliknya, bagian bokong ini dibiarkan terbuka dengan pembatas rak terbuat dari kayu.

‎Bus yang dipamerkan ini diketahui milik Hauwke Auto Gallery yang juga bagian dari para pecinta bus di dalam komunitas Bismania.

Di Indonesia, Chevrolet AA Series ini cukup populer di era 1950-1970'an. Pasalnya, sejak diproduksi 1927, Chevrolet AA Series telah laku terjual hingga 678.540‎ unit dan tersebar di seluruh dunia.‎

Namun saat ini sosok bus Amerika Serikat tersebut sudah jarang ditemukan lagi.‎ Tidak diketahui berapa Chevrolet AA Series yang masih ada saat ini.

Adapun untuk jantung pacu Chevrolet AA Series diketahui dibenamkan mesin 4 silinder berkapasitas 2.8 liter yang mampu menghasilkan 26,8 Tenaga kuda pada 2.000 rpm.

Bagi Anda yang ingin bernostalgia ke masa lalu, ada baiknya mengunjungi pameran InCUBUS 2017 mulai 29 Maret-1 April 2017.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini