Sukses

Kelengkapan Fitur Agya dan Ayla Termurah

Berikut adalah beberapa kelengkapan fitur new Agya dan new Ayla varian terendah.

Liputan6.com, Jakarta - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) dan PT Toyota Astra Motor (TAM) resmi memperkenalkan new Ayla dan new Agya di acara yang terpisah, Jumat (7/4/) kemarin. Ada beberapa perubahan yang terjadi pada dua hatchback "murah" ini.

Salah satu yang menarik, range varian kedua produk "bersaudara" ini semakin lebar. Keduanya, misalnya, kini telah dilengkapi dengan varian mesin bensin 1,2 liter, setelah sebelumnya hanya tersedia dalam varin mesin bensin 1,0 liter saja.

Total, new Agya kini ada enam varian, sementara new Ayla lebih banyak lagi, sembilan varian. Agya varian terendah adalah 1,0 liter E M/T, yang dibanderol Rp 127,6 juta. Sementara Ayla varian terendah 1,0 liter D MT dibanderol Rp 92,55 juta.

Lantas, dengan harga yang lebih mahal ketimbang varian terendah pada model sebelumnya, apa saja fitur yang diperoleh konsumen?

New Agya 1,0 liter E M/T

Kita bahas new Agya terlebih dulu. Satu hal yang menarik dari model termurah dari Agya adalah ia dilengkapi dengan fitur keselamatan dan keamanan yang cukup lengkap jika dibanding model paling mahal, 1,2 liter TRD A/T, yang dibanderl Rp 151,9 juta.

Di sektor keselamatan, new Agya sudah dilengkapi dengan side impact beam, airbag penumpang, 3 point seatbelt, ISOFIX, dan seatbelt reminder. Yang minus adalah pengereman ABS (yang hanya pada varian 1,2 TRD) dan sensor belakang (ada di tipe G dan TRD).

Sementara sektor keamanannya telah dijejali dengan fitur alarm, immobilizer, dan perangkat anti maling.

Fitur hiburan jadi aspek yang paling membedakan Agya terendah dan varian di atasnya. New advanced entertainment, fitur hiburan yang terkoneksi dengan Bluetooth, hanya tersedia untuk varian 1,2 TRD dan 1,2 G. Begitu pula dengan audio steering switch.

Meski begitu mobil ni tetap dilengkapi dengan semi bucket seat yang cukup nyaman saat diduduki.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Next

New Ayla 1,0 liter D MT

Unsur keselamatan yang terdapat pada new Ayla varian terendah adalah seatbelt untuk semua penumpang, side impact beam, serta head rest untuk kursi belakang. Sementara dual SRS airbag dan side impact beam hanya tersedia untuk varian Ayla 1,2.

Faktor keselamatan Ayla terendah memang relatif minim. Selain yang telah disebutkan, mobil ini juga tidak dilengkapi dengan back sonar seperti pada tipe 1,0 X dan 1,2 R.

Pun demikian dengan faktor kenyamanan. Berdasarkan data pada laman Daihatsu Indonesia, varian terendah ini juga belum dilengkapi dengan AC dan power steering. Dua fitur kenyamanan ini baru ada di varian atasnya, D+.

Sementara itu, beberapa unsur yang dapat diperoleh dari mobil ini adalah fabric seat material, sun visor pada D-side, dan b-pillar garnish. Di sektor kenyamanan Daihatsu melengkapi varian ini dengan sliding seat pada jok baris satu.

Menurut Daihatsu, meski relatif kurang lengkap, namun pasar Ayla 1,0 liter tetaplah ada. Artinya, tetap ada konsumen yang menginginkannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.