Sukses

Penjualan Yamaha R3 Buatan Indonesia Dihentikan

Yamaha India resmi menghentikan motor sport R3 buatan Indonesia karena sudah tidak kompatibel dengan standar emisi baru.

Liputan6.com, Mumbai - Yamaha India resmi menghentikan motor sport R3 buatan Indonesia. Hal ini disebabkan karena sepeda motor ini tidak lagi kompatibel dengan standar emisi Bharat Stage (BS4, setara dengan Euro4).

Melansir rushlane.com, Selasa (11/4/2017), Yamaha R3 sudah tidak lagi kompatibel dengan standar emisi BS4, sebab motor ini hanya bisa sampai BS3. Sementara pemerintah India, resmi melarang penjualan kendaraan BS3 pada 1 April lalu.

Standar emisi BS3 sendiri telah dimulai sejak 1 April 2010 lalu. Pada standar emisi BS3, sepeda motor tidak boleh mengeluarkan emisi CO lebih dari 1,25 gr/km.

India akan semakin maju dengan rencana penerapan standar emisi BS6, atau setara dengan Euro6 pada 2020 nanti.

Agar tetap dapat berjualan, Yamaha akan meningkatkan beberapa aspek R3 agar kompatibel dengan standar emisi baru. Namun sayangnya tidak disebutkan kapan persisnya.

Penjualan R3 sebetulnya tidak terlalu menjanjikan. Bahkan pada beberapa bulan terakhir di mana motor ini tidak terjual sama sekali. Padahal saat diluncurkan pada Agustus 2015 lalu, target penjualannya mencapai 300 unit per bulan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.