Sukses

Ford Ajukan Paten Lampu Unik nan Menarik

Ford Motor Co mengajukan permohonan paten untuk lampu utama (headlamp) dan lampu tambahan lain yang cukup unik dan menarik.

Liputan6.com, Detroit - Ford Motor Co mengajukan permohonan paten untuk lampu utama (headlamp) dan lampu tambahan lain yang cukup unik dan menarik. Paten ini diberi nama "sistem penerangan kendaraan dengan pola balok dinamis".

Melansir Autoguide, Sabtu (22/4/2017), pada intinya, sistem ini akan menggunakan serangkaian lampu dan cermin kecil untuk memproyeksikan piksel. Hasilnya, lampu utama dapat memancarkan simbol dan bentuk tertentu di aspal.

Dijelaskan lebih jauh, paten ini terdiri dari beberapa aplikasi. Misalnya ia menujukkan bagaimana lampu dapat membantu pengemudi memarkirkan mobil.

Dengan menekan tombol pada fob kunci, sistem ini akan memproyeksikan sebuah panah yang menunjuk ke tanah, sehingga pengendara bisa dengan jelas melihat panjang mobil. Tentu ini sangat bermanfaat ketika ingin parkir secara paralel.

Lampu juga dapat memproyeksikan cahaya ke belakang mobil. Ini menujukkan kepada pengemudi seberapa ruang yang dimiliki sebelum, misalnya, menabrak dinding.

Untuk yang ini sebetulnya memang lebih efektif jika menggunakan kamera belakang. Namun keunggulannya adalah ia lebih murah.

Ford sebetulnya bukan pabrikan pertama yang berinovasi terhadap lampu. Suzuki misalnya, baru-baru ini juga mendaftarkan paten lampu unik untuk sepeda motor.

Berdasarkan penjelasan pada laman morebikes.co.uk, diketahui bahwa secara sederhana ini adalah sistem yang memungkinkan arah lampu LED (yang jumlahnya ada empat) menyesuaikan diri dengan beragam kondisi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.