Sukses

Presiden Jokowi Resmikan Pabrik Baru Mitsubishi

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, meresmikan pabrik baru Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI)

Liputan6.com, Bekasi - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, meresmikan pabrik baru Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) di Greenland International Industrial Center (GIIC) di Bekasi, Jawa Barat, Selasa (25/4/2017).

"Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, saya resmikan pabrik Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI)," ujar Jokowi, diiringi tepuk tangan riuh seluruh hadirin.

Pabrik perakitan yang dibangun sekitar dua tahun ini menelan investasi lebih dari Rp 7,5 triliun. Total luas lahan pabrik mencapai 51 hektar, luas bangunan 30 hektar, dan menyerap tenaga kerja sebanyak 3.000 orang.


Presiden Jokowi resmikan pabrik baru Mitsubishi di Bekasi. (Rio/Liputan6.com)
Pabrik akan semakin signifikan untuk meningkatkan industri otomotif lokal karena mengikutsertakan banyak pemasok lokal. Ada sekira 200-an pemasok lokal tier satu dan 369 tier dua.

Terdapat beberapa fasilitas utama di pabrik MMKI ini. Di antaranya adalah press assembly, welding, painting, serta pre delivery inspection.

Pada tahap awal, pabrik ini akan memproduksi 160 ribu unit mobil dan akan terus dikembangkan hingga mencapai 240 ribu unit. Jumlah ini akan membuatnya menjadi pabrik Mitsubishi terbesar ke-3 setelah Jepang dan Thailand.

Tiga model yang akan dibuat pabrik Mitsubishi baru adalah small MPV baru, Pajero Sport varian tertinggi, dan L300. Produk pertama yang akan bergulir dari pabrik ini adalah Pajero Sport, yang selama ini masih diimpor utuh (CBU) dari Thailand.

Nantinya, selain untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri, produksi dari pabrik ini juga akan diekspor ke beberapa negara ASEAN seperti Thailand.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini