Sukses

Lada Granta, Mobil Termurah di Eropa

Produsen mobil terbesar Rusia, AutoVAZ, berencana memproduksi mobil termurah, Lada Granta, untuk dipasarkan di Eropa.

Liputan6.com, Moskow: Produsen mobil terbesar Rusia, AutoVAZ, berencana memproduksi mobil termurah, Lada Granta, untuk dipasarkan di Eropa. Harga mobil ini dibandrol US$ 6.200 per unit (atau sekitar Rp 55 juta), yang akan membuat Granta menjadi mobil dengan harga terendah yang pernah diproduksi di Eropa.

Rencananya Granta yang dikenal dengan VAZ 2190 ini akan diluncurkan untuk menggantikan Lada Kalina dan Samara yang telah populer. Pihak perusahaan mengatakan akan memulai produksi pada pertengahan tahun 2011 mendatang dan akan tersedia dengan beberapa model seperti sedan, hatchback, sampai wagon.

Direktur Utama Avto VAZ Igor Komarov mengatakan, Lada Granta diproduksi menggunakan platform Kalina. "Tapi dengan tingkat keamanan lebih baik dan lebih nyaman," ucap Igor, Sabtu (4/9).

Produsen mobil Prancis, Renault, yang bekerja sama di Rusia dengan AvtoVAZ, telah menyatakan minatnya untuk mengembangkan versi sendiri dari Granta, dengan Sandero/Logan.

Renault juga sedang bernegosiasi hak untuk menjual Granta di pasar luar negeri. Granta ini akan diproduksi di pabrik AutoVAZ, Togliatti. Sedangkan untuk produksi Lada model lama akan dipindahkan ke Izhevsk. Pihak perusahaan juga menyatakan, fokus utama pemasaran Granta tetap di Rusia. Namun, tak menutup kemungkinan produk ini akan dipasok ke Eropa Barat karena adanya permintaan.

Pada tahun 2020, AvtoVAZ merencanakan memproduksi sembilan model berdasarkan tiga atau empat platform dasar dalam enam segmen pasar, dengan tiga model utama (seri murah, Priora baru dan C-class) dan akan dikontribusikan sebesar akuntansi 70 persen untuk total produksi. Pihak perusahaan menargetkan meningkatkan penjualan menjadi 1,2 juta mobil per tahun pada tahun 2020.

Tahun ini, perusahaan sudah mentargetkan produksi mobil sebanyak 571 ribu. (insideline/JAY/MEL)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini