Sukses

Agar Kinerja Radiator Tetap Terjaga

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu komponen penting yang ada dalam mobil adalah radiator. Secara garis besar, fungsi radiator adalah untuk mendinginkan mesin. Caranya, panas mesin akan diserap oleh radiator coolant yang bersirkulasi.

Melihat fungsinya itu, radiator tentu sangat berguna terutama ketika kendaraan dibawa saat perjalanan jauh, misalnya ketika mudik nanti. Karenanya, ia harus senantiasa dirawat agar performanya tetap maksimal.

Laman daihatsu.co.id, dikutip Kamis (25/5/2017) menyebut, ada lima hal yang harus diperhatikan agar kondisi radiator tetap seperti baru. Kelimanya adalah bagian luar, bagian dalam, selang, tutup, dan pompa oli.

Pertama, bagian luar radiator haruslah dijaga kebersihannya. Perhatikanlah kisi-kisi radiator. Jangan sampai ia dipenuhi kotoran karena jika itu terjadi, alur angin dapat terhambat dan pada akhirnya proses pendinginan tidak maksimal.

Kedua, bagian dalam. Usahakan agar bagian ini tidak mengalami pengaratan. Dalam hal ini, sebaiknya selalu membersihkannya dengan melakukan pengurasan air minimal satu tahun sekali. Ini semakin penting terutama pada mobil-mobil tua.

Ketiga bagian selang. Daya tahan penghubung utama antara mesin dan radiator ini akan terus menurun. Baiknya selang langsung diganti jika ada tanda kebocoran.

Keempat bagian tutup. Pastikan bagian ini dalam kondisi baik dengan cara memperhatikan pegas dan karet penyekatnya. Jika ini sudah rusak, maka temperatur mobil bisa cepat meningkat dan terlalu panas.

Terakhir adalah pompa oli. Sebagaimana bagian lain, pompa oli yang tersumbat oleh kotoran kemungkinan besar bakal membuat suhu mesin mobil lebih cepat panas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini