Sukses

Resmi Dirilis, Ini Spesifikasi Skutik Listrik Viar Q1

PT Triangle Motorindo (TM) resmi meluncurkan motor matik listrik berdesain futuristik bernama Viar Q1 di Jakarta, Selasa (6/6) malam.

Liputan6.com, Jakarta - PT Triangle Motorindo (TM) resmi meluncurkan motor matik listrik berdesain futuristik bernama Viar Q1 di Jakarta, Selasa (6/6) malam. Q1 sendiri, menurut pejabat Viar, artinya Quality Number One.

Presiden Direktur PT TM, Ignatius Kartiman, mengatakan bahwa ini adalah matik listrik pertama di Indonesia yang sudah dilengkapi dengan STNK, yang artinya, dapat dikemudikan di jalan raya tanpa melanggar aturan yang berlaku.

Ia juga mengatakan kalau motor ini adalah produk "bareng-bareng", yang dikembangkan bersama Bosch dan Universitas Gajah Mada. Matik ramah lingkungan ini juga mendapat dukungan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta PLN.

"Motor ini adalah bentuk komitmen kami dalam mendukung pemerintah yang saat ini menginginkan semua pihak untuk bersama-sama memberikan perannya dalam mengurangi masalah pemanasan global," ujarnya.

Bosch berperan dalam menyediakan komponen tenaga penggerak (driving system), termasuk baterai. Sementara UGM berperan dalam mengembangkan Viar Q1 sebagai e-Scooter pintar.

Baterai dari Bosch dapat membuat Q1 melaju hingga kecepatan 60 km/jam, serta dengan jarak terjauh 60 km. Baterai lithium ion dapat diisi ulang hingga penuh dalam waktu lima sampai tujuh jam.

Menariknya, isi ulang motor dapat dilakukan di rumah. Pasalnya, kapasitas listrik minimal untuk dapat mengisi baterai motor ini hanya 220 VA. Sebagai pengingat, listrik terkecil rumah tangga Indonesia adalah 450 VA.

Motor ini telah bisa dipesan, dan konsumen yang pertama memesan sudah bakal mendapatkannya dalam waktu dekat. Soal harga, ia dibanderol Rp 16,2 juta, cukup kompetitif jika dibanding motor matik konvensional.

Berikut spesifikasi lengkap Viar Q1:

Drive System
-Max Power: 800 Watts
-Top Speed: 60 km/jam
-Max Riding Range: 60 km

Charger
-Charger Input: 220 Volts
-Charger Power: 50 Hz

Power System
-Type: Maintenance Free
-Estimated Battery Life: 600-800 cycles
-Max Capacity: 2 kWh
Charge to 100 %: 5-7 hours

Dimensi
-LxWxH: 1.680 mm x 690 mm x 1.220 mm
-Wheelbase: 1060 mm
-Ground Clearance: 155 mm
-Weight: 78,5 Kg

Frame and Chasis
-Frame: Steel
-Front Suspension: Telescopic
-Rear Suspension: Double Swing
-Front Tire: 90/90-10 (Tubeless)
-Rear Tire: 90/90-10 (Tubeless)

Brakes:
-Front: Hydrolic Disk Brake
-Rear: Hydrolic Disk Brake

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.