Sukses

Begini Cara Petani Perlakukan Yamaha V-Ixion di Daerah

Aksi sangat kreatif karena merontokkan biji jagung menggunakan tapak ban sepeda motor Yamaha V-Ixion.

Liputan6.com, Jakarta Ada hal unik yang dilakukan seorang petani di Kalimantan Timur. Bagaimana tidak, sepeda motor yang digunakan masyarakat untuk melakukan mobillitas dari satu tempat ke tempat lain, ternyata memiliki fungsi lain.

Ya, sebuah akun Instagram dengan nama @ikhwan_2812, dari Sebulu, Kalimantan Timur, memperlihatkan seorang pria yang tengah melakukan kegiatan merontokkan jagung kering.

Pada dasarnya, merontokkan biji jagung bisa menggunakan mesin pemipil jagung. Namun apa daya, disebutkan, mereka belum mendapatkan bantuan berupa mesin pemipil jagung.

Namun dalam video tersebut, pria itu melakukan aksi sangat kreatif karena merontokkan biji jagung menggunakan tapak ban sepeda motor Yamaha V-Ixion dalam kondisi mesin menyala.

Untuk membuat roda tetap berputar tanpa handle gas diulir, caranya cukup mudah, sepeda motor dalam kondisi berdiri menggunakan standar dua, kemudian mesin dinyalakan, lalu masukan ke gigi satu atau dua.

Dalam unggahannya itu @ikhwan_2812 menuliskan, “Sebelum dapat bantuan mesin pipil.. Mipilnya pakai motor dulu. Hasil panen dari Benih Jagung Hibrida Pertiwi-boss.. Mantab !!!”

Perlu diingat, jagung kering ini bukanlah untuk konsumsi manusia. Selain karena kering dan tak manis, jagung ini nyatanya untuk makan-makanan hewan ternak.

Berbagai komentar pun muncul, antara lain:

@sarinurdiaa Ya ampun sakit nya ngerjain jagung bgtu wan.. kmrn bapa ku 7karung gede bersih nya ancur tnganku

@rahmaniar12 Ntaps eh

@agnesiavilliyo Kreatif Juga

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.