Sukses

Pakai Oli Balap Buat Harian, Bikin Mesin Cepat Rusak?

Penggunaan pelumas baik untuk motor sport, bebek atau skutik sebaiknya dilihat petunjuk manualnya.

Liputan6.com, Jakarta - Keberadaan motor sport di Tanah Air semakin berkembang, dan hal tersebut berpengaruh terhadap industri pendukungnya seperti pelumas. Banyak produsen yang menawarkan produk terbaiknya, seperti oli racing dengan spesifikasi terbaik.

Lalu, bisakah oli racing digunakan untuk motor harian?

Dijelaskan Ivan Rastianto, Marketing Manager Evalube, penggunaan pelumas baik untuk motor sport, bebek atau skutik sebaiknya dilihat petunjuk manualnya. Dengan rekomendasi pabrikan, merupakan spesifikasi yang paling cocok untuk digunakan harian.

"Ada rekomendasi motor 10W-30, lalu menggunakan 5W-30. Mubazir, ngapain? Jadi terlalu encer, dan akan berpengaruh terhadap mesin," jelas Ivan saat ditemui di SCBD, Sudirman, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

Lanjut Ivan, jika oli yang digunakan terlalu encer dan untuk digunakan harian dengan gaya berkendara kombinasi atau stop and go, maka mesin akan cepat panas.

"Kalau untuk balapan memang harus putaran tinggi, jadi bisa saja oli racing buat harian, tapi tidak berpengaruh banyak terhadap performa mesin. Sudah mahal, tapi mesin tidak optimal," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini