Sukses

Tak Biasanya, Polisi Dubai Pilih Mobil Mungil ketimbang Supercar

Mobil patroli terbaru Kepolisian Dubai O-R3 dapat merekam kondisi jalan dari sudut 360 derajat dan dilengkapi pesawat kecil tak berawak.

Liputan6.com, Dubai - Kepolisian Dubai, Uni Emirat Arab, kembali menambah jajaran kendaraan patrolinya. Hanya saja, mobil ini bukan supercar, melainkan mobil mungil yang disebut O-R3.

Kendati berukuran kecil dan desainnya yang unik, mobil buatan perusahaan robotik asal Singapura, OTSAW Digital, telah dibenamkan teknologi yang sangat canggih.

Mobil ini memiliki kamera yang dapat merekam dari sudut 360 derajat. Video itu bisa dilihat langsung oleh pihak polisi Dubai.

Kecanggihan mobil yang memiliki kecerdasan sebuah robot ini disebutkan berkat dibenamkannya perangkat lunak biometric.

“Dengan begitu, alat ini dapat mengidentifikasi benda-benda yang mencurigakan dan dapat melacak seorang tersangka,” ucap Director of the Police Force's Smart Services program, Brigadier Khalid Nasser Al Razooqi. Demikian dilansir The Drive, Senin (3/7/2017).

Tidak hanya itu, jika terdapat sebuah kasus di mana pelaku melarikan diri, maka O-R3 akan melakukan pengejaran dengan mengirim sebuah pesawat kecil tak berawak yang telah dilengkapi kamera.

Rencananya, O-R3 akan diperkenalkan di wilayah pariwisata akhir tahun ini. Kehadiran O-R3 sendiri disebut-sebut sebagai langkah awal rencana ambisius kepolisian Dubai untuk menambah kekuatan patroli sebanyak 25 persen dengan robot di 2030 mendatang.

 

 

Yuk nonton video menarik di bawah ini :

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.