Sukses

Harganya Rp 17,3 Miliar, Mobil Ini Masih Disebut Kemurahan

Lamborghini Concept S laku terjual dengan banderol US$ 1,32 juta atau sekitar Rp 17,3 miliar di acara lelang RM Sotheby, Pebble Beach.

Liputan6.com, California - Mobil super paling langka, Lamborghini Concept S laku terjual dengan banderol US$ 1,32 juta atau sekitar Rp 17,3 miliar di acara lelang RM Sotheby, Pebble Beach, California, Amerika Serikat, 18-19 Agustus 2017.

Akan tetapi, dilansir Motor1, Selasa (22/8/2017), harga mobil berlambang banteng tempur itu rupanya jauh dari harapan. Sebab, pada Desember 2015, Lamborghini Concept S pernah dijual dan laku di angka antara US$ 2,4 juta sampai US$ 3 juta atau sekitar Rp 31 miliar sampai Rp 39 miliar.

Namun kini mobil tersebut kalah pamor. Sebab, di acara lelang itu masih banyak mobil-mobil langka lain yang jauh lebih mahal karena nilai historisnya.

Perkirakaan harga yang tinggi ini bukan tanpa alasan. Hal itu disebabkan Lamborghini Concept S merupakan mobil yang sangat langka, hanya dibuat satu unit saja.

Selain itu, meski telah berusia hampir 12 tahun, ternyata odometer mobil ini cukup rendah, yaitu hanya 180 kilometer.

Ya, Lamborghini Concept S yang berupa prototipe pernah hadir pertama kali di ajang Geneva Motor Show 2005. Mobil ini disebut-sebut merupakan cikal bakal dari Lamborghini Gallardo Convertible.

Desain mobil ini pun dibuat tak biasa karena tak menggunakan atap. Namun bagi yang ingin mengendarai mobil tersebut diwajibkan menggunakan kaca mata, karena bagian depan tidak dilengkapi kaca.

Kabin mobil ini juga tak biasa, karena antara pengemudi dan penumpang diberikan pembatas yang cukup lebar namun lengkap dengan berbagai tombol serta dipenuhi fitur-fitur melimpah.

Akan tetapi saat hendak diproduksi secara masalah, perusahaan tersebut menghentikanya tiba-tiba karena dianggap terlalu mahal dalam hal ongkos produksi. Padahal, rencananya mobil ini akan dibuat sebanyak 100 unit.

Untuk jantung pacunya sendiri, Lamborghini Concept S telah dibenamkan mesin dari Gallardo yaitu V10 berkapasitas 5,0 liter.

Simak Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mobil Klasik Termahal

Di acara yang sama, ada satu mobil yang punya harga sangat tinggi. Bukan Ferrari atau Lamborghini. Tapi mobil asal Inggris.

Mobil itu adalah Aston Martin DBR1. Sama seperti deretan Ferrari yang baru masuk daftar buruan di acara lelang RM Sotheby, Pebble Beach, California, Amerika Serikat, Aston Martin DBR1 juga menjadi salah satu yang diincar para kolektor mobil lawas.

Bahkan dilansir Autoblog, Selasa (22/8/2017) Aston Martin DBR1, kini menjadi salah satu mobil Inggris yang paling mahal dalam sejarah Inggris. Sebab mobil tersebut akhirnya harus ditebus dengan mahar sekitar US$ 22,5 juta atau sekitar Rp 296,2 miliar.

Dengan melambungnya harga mobil tersebut, Aston Martin DBR1, pun disebut sebagai "Mobil terpenting yang pernah diproduksi oleh Aston Martin".

Disebutkan, mobil lawas yang dijual merupakan produksi 1956. Mobil ini menjadi salah satu mobil yang memiliki sejarah panjang karena di eranya, 1956-1959, kerap ikut dalam kejuaran, salah satunya adalah kompetisi ketahanan mobil World Sportscar Championship.

Selain itu, mobil ini disebut-sebut pernah berhasil menjuarai balapan Nurburgring 1.000 kilometer pada 1959. Kala itu, mobil tersebut dikendarai Sir Stirling Moss dan Jack Fairman.

Sekadar informasi, Aston Martin DBR1 dibenamkan mesin enam silinder berkapasitas 2.992 cc yang mampu menghasilkan daya 250 Tk. Tentu saja di eranya mobil ini sangat cepat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.