Sukses

Tampang Penantang Yamaha V-Ixion dari Benelli

Benelli, pabrikan sepeda motor dari Italia, ketahuan mengembangkan sepeda motor sport 150 cc melalui paten.

Liputan6.com, Pesaro - Benelli, pabrikan sepeda motor dari Italia tapi dimiliki perusahaan Tiongkok, ketahuan mengembangkan sepeda motor sport 150 cc melalui gambar paten. Dilihat dari bentuknya, ia berada di satu segmen dengan Yamaha X-Ixion.

Desain berwarna ini disebut dengan "prototipe awal". Dengan begitu pihak Benelli sendiri masih terus mengembangkan motornya.

Dilaporkan Mototcycle Magazine, paten ini berada di bawah nama "BJ150-31". BJ mengindikasikan kalau motor ini akan dijual dengan merek Benelli, bukan Qianjiang, perusahaan induk Benelli. 150 merujuk pada kapasitas mesin, dan 31 bermakna "desain ke-31".

Lebih spesifik, mesin yang diusung adalah mesin 150 cc satu silinder, berpendingin cair, dan benar-benar baru. Dalam arti belum ada yang pakai mesin ini. Dengan melihat dari kapasitas mesinnya, nampaknya motor ini akan menyasar pasar Asia.

Dari segi konstruksi, disebutkan kalau motor ini pakai sasis balok. Sementara desainnya, sebagaimana bisa terlihat, cukup sporty. Joknya terpisah, juga headlamp. Suspensi mengandalkan jenis upside-down seperti banyak motor lain yang ada di segmennya.

Belum ada informasi soal jangka waktu produksi. Tapi kalau masih dalam tahap pendaftaran paten, nampaknya butuh waktu beberapa tahun ke depan lagi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Benelli Super Cub

Benelli juga bermain di segmen super bebek 150 cc. Malah, motornya sudah meluncur di Malaysia beberapa waktu yang lalu.

Benelli RFS150i, penantang Yamaha MX King dan Honda Supra GTR ini dibanderol 7.407 ringgit sampai 7.778 ringgit, atau setara dengan Rp 22,2 juta sampai Rp 23.3 juta.

Peluncuran model baru ini, sepertinya memang untuk mendongkrak kembali keberuntungan Benelli di pasar Asia Tenggara. Pasalnya, untuk segmen motor bebek, baik di Malaysia ataupun di Indonesia masih dikuasai pabrikan Jepang.

Dengan nama RFS, yang berarti Riders for Speed, model ini hadir dengan desain beraroma sporty, dengan upside down dengan tipe racing, dan monosok belakang, serta roda depan dan belakang yang sudah dilengkapi rem cakram, dengan diameter disc 240 dan 220 milimeter.

Sebagai informasi, Benelli RFS150i ini dibekali dengan mesin berkapasitas 149 cc, satu silinder, berpendingin udara. Dengan mesin tersebut, model ini mampu menghembuskan daya hingga 15,5 Tk pada 8.500 rpm, dengan torsi maksimum sebesar 13 Nm pada 7.000 rpm.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.