Sukses

Ribuan Toyota Yaris dan Vios Ditarik, Bagaimana di Indonesia?

Toyota Yaris dan Vios direcall untuk penggantian komponen kantung udara.

Liputan6.com, Jakarta Sekitar 20 ribuan unit Toyota Yaris dan Vios di Vietnam terpaksa harus ditarik kembali atau recall menyusul penggantian komponen inflator kantung udara atau airbag yang bermasalah.

Ternyata recall tersebut tidak hanya terjadi di Vietnam, namun juga dilakukan oleh Toyota di Indonesia. Menurut Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Warih Andang Tjahjono recall tersebut bukan karena kesalahan Toyota, melainkan datang dari Takata.

“Itu Takata kali, jadi sekarang kami, semua merek meng-encourage customer, beberapa model kami recall terutama dalam memperbaiki airbag Takata,” ungkap Warih saat ditemui wartawan di pabrik di Auditorium Hall TIA Karawang 3, Jawa Barat, Rabu (30/8/2017).

Warih mencatat, untuk pasar Indonesia, Toyota Yaris dan Vios yang terindikasi masalah airbag sekitar 8.000-9.000 unit.

Kata Warih, mulai tahun ini Toyota secara intensif mulai melakukan perbaikan terhadap mobil yang bermasalah. Namun demikian, hal itu telah dilakukan Toyota di tahun lalu.

“Jadi, tahun ini Insha Allah (selesai),” tutupnya.

Simak Juga Video Menarik Berikut Ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Merek Mobil yang Terinfeksi Airbag Takata

Takata merupakan salah satu merek perusahaan raksasa dari tiga pembuat airbag mobil terbesar di dunia yang berasal dari Jepang.

Sedangkan airbag adalah komponen keselamatan penting yang harusnya ada di tiap mobil. Fungsinya meredam benturan di bagian kepala dengan cara mengembang saat momen tabrakan terjadi.

Di 2016, kasus airbag bermasalah mencuat, hal ini karena Takata justru pecah dan mengeluarkan material padat saat momen tabrakan.

Masalahnya, airbag Takata ternyata digunakan banyak merek kendaraan di seluruh dunia. Misalnya, pada Mei 2015 lalu Takata mengatakan ada 33 juta kendaraan terinfeksi di AS, setelah sebelumnya mengklaim hanya terdapat pada 14 juta kendaraan saja.

Pemerintah beberapa negara kemudian meresponnya dengan berbagai hal. Pemerintah Amerika Serikat (AS) melalui National Highway Safety Administration (NHTSA) misalnya, baru-baru ini merilis merek apa saja yang terinfeksi airbag Takata, persis dengan model hingga tahun pembuatannya.

Seluruh data mobil yang terinfeksi dapat diakses di laman safercar.gov. Catatannya, daftar tersebut dapat berubah. "Juga bukan jaminan bahwa setiap kendaraan secara spesifik termasuk atau tidak dari daftar yang harus ditarik (recall)," tulis laman tersebut, diakses Selasa (4/10/2016).

Di Indonesia sendiri sudah ada tiga merek yang mengumumkan penarikan karena juga menggunakan airbag dari Takata. Ketiganya adalah Toyota, Honda, dan Nissan.

 Berikut 31 merek mobil yang terinfeksi airbag Takata selengkapnya:

-Acura
-Audi
-BMW
-Cadillac
-Chevrolet
-Chrysler
-Daimler Trucks North America (Sterling Bullet)
-Daimler Vans USA LLC (Sprinter)
-Dodge/Ram
-Ferrari
-Ford
-GMC
-Honda
-Infiniti
-Jaguar
-Jeep
-Land Rover
-Lexus
-Lincoln
-Mazda
-Mercedes-Benz
-Mercury
-Mitsubishi
-Nissan
-Pontiac
-Saab
-Saturn
-Scion
-Subaru
-Toyota
-Volkswagen (VW)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.