Sukses

Apakah Toyota Anda Kena Recall? Begini Cara Mengetahuinya

Sebelumnnya, program recall digadang-gadang terkait adanya masalah pada inflator kantung udara atau airbag yang diproduksi Takata.

Liputan6.com, Jakarta - PT Toyota Astra Motor (TAM) selaku agen tunggal pemegang merek Toyota di Indonesia menggelar program Special Service Campaign yang ditujukan bagi konsumen pemilik mobil Toyota di seluruh Indonesia.

Program ini pada dasarnya tak jauh berbeda dengan penarikan kembali atau recall. Kendati berbeda dalam istilah kata, namun perlu  dicatat niatan baik PT TAM untuk memberikan informasi secara terbuka.

Dalam beberapa waktu terakhir, sejumlah pabrikan otomotif di dunia memang melakukan serangkaian program recall terkait adanya masalah pada inflator kantung udara atau airbag produksi Takata.

Sebelumnya, Toyota Vietnam pun secara terang-terangan mengaku melakukan recall terhadap puluhan ribu mobil Toyota Vios dan Yaris.

Nah, ternyata berdasarkan website Toyota Indonesia di www.toyota.astra.co.id, konsumen dapat melakukan pengecekan tahap awal untuk mobil apapun. Untuk memastikan apakah mobil yang digunakan teridentifikasi recall atau tidak.

"Iya benar itu. Semua info ada di website toyota.astra.co.id," ungkap Executive General Manager PT TAM, Fransiscus Soerjopranoto kepada Liputan6.com, Senin (4/9/2017).

Caranya pun cukup mudah. Setelah masuk home Toyota, langkah selanjutnya Anda wajib melihat ke bawah lalu mengklik Spesial Service Campaign.

 

Setelah itu, Anda diwajibkan mengisi pertanyaan di tahap pertama, yaitu memasukan 17 digit Nomor Rangka Kendaraan. Langkah kedua,cukup memasukan email. Setelah itu tekan search.

Anda akan mendapatkan beberapa pertanyaan selanjutnya yang diutarakan dan wajib diisi melalui komputer. Selamat mencoba.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Recall Toyota Yaris dan Vios

Sekitar 20 ribuan unit Toyota Yaris dan Vios di Vietnam terpaksa harus ditarik kembali atau recall menyusul penggantian komponen inflator kantung udara atau airbag yang bermasalah.

Ternyata recall tersebut tidak hanya terjadi di Vietnam, namun juga dilakukan oleh Toyota di Indonesia. Menurut Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Warih Andang Tjahjono recall tersebut bukan karena kesalahan Toyota, melainkan datang dari Takata.

“Itu Takata kali, jadi sekarang kami, semua merek meng-encourage customer, beberapa model kami recall terutama dalam memperbaiki airbag Takata,” ungkap Warih saat ditemui wartawan di pabrik di Auditorium Hall TIA Karawang 3, Jawa Barat, Rabu (30/8/2017).

Warih mencatat, untuk pasar Indonesia, Toyota Yaris dan Vios yang terindikasi masalah airbag sekitar 8.000-9.000 unit.

Kata Warih, mulai tahun ini Toyota secara intensif mulai melakukan perbaikan terhadap mobil yang bermasalah. Namun demikian, hal itu telah dilakukan Toyota di tahun lalu. “Jadi, tahun ini insya Allah (selesai),” tutupnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.