Sukses

Sosok Helm Pintar untuk Masa Depan

Helm dengan inovasi terbaru yang dapat terintegrasi dengan telepon genggam ini disebut CrossHelmet X1.

Liputan6.com, Tokyo - Perusahaan asal Tokyo Jepang, Borderless Inc, baru-baru menelurkan karya baru dalam dunia sepeda motor. Namun inovasi ini bukan diterapkan pada si kuda besi, melainkan perlengkapan wajib untuk rider, yaitu helm.

Smart helmet atau helm pintar begitulah julukan yang pantas untuk CrossHelmet X1. Merek helm tersebut memiliki berbagai fitur canggih yang sudah diterapkan.

Dilansir Motorcycle, Minggu (1/10/2017), beberapa fitur menarik yang disematkan adalah penggunaan kamera pada helm tersebut yang terintegrasi head up display (HUD) di bagian depan helm dengan bentuk lebih kecil.

Penggunaan kamera ini diklaim memungkinkan sang rider tak perlu menoleh ke kanan maupun ke kiri saat berkendara.

Selain kondisi dan situasi di sekitar, fungsi HUD ini dapat menampilkan peta layaknya GPS, lalu status perjalanan, dan sejumlah informasi lain.

Beberapa fitur canggih lain yang dibenamkan pada CrossHelmet X1 yaitu Bluetooth Connectivity dan Touch Control.

Fungsi Bluetooth Connectivity salah satunya dapat mendengarkan musik (meski itu tidak disarankan), namun pada kenyataannya hal tersebut bisa dilakukan dengan helm ini yang terintegrasi dengan telepon genggam. Baik model IOS atau Android.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Helm Pintar Ini Cocok Untuk Rider Pecinta Touring

Helm ini memiliki fitur yang bisa melakukan panggilan atau menerima telepon. Lalu, jika melakukan kegiatan touring, maka fungsi Group Talk dapat diandalan sebagai alat percakapan.

Nah, jika touring tentu saja rangkaian saat konvoi bisa dengan mudah memberikan informasi selama perjalanan.

Helm ini juga bisa diatur dengaan fitur Touch Control, sehingga mengurangi suara-suara bising dari luar. Hal ini pula yang membuat perusahaan tersebut mematenkan temuan ini dengan sebutan teknologi CrossSound Control.

Dengan CrossSound Control, suara di dalam helm akan lebih jelas dan terhindar dari suara di sekitar, seperti tiupan angin atau suara mesin.

CrossHelmet diklaim sudah melalui uji tes, sehingga telah memiliki sertifikasi DOT, ECE 22.05, dan juga JIS safety standards.

Menyoal harga, helm canggih ini kabarnya dipatok dengan banderol US$ 1.799 atau hampir Rp 24 juta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.