Sukses

Lakukan 7 Hal Ini untuk Mencegah Malapetaka

Ada beberapa poin keamanan dasar yang wajib diperhatikan saat mengemudi agar dapat terhindar dari kecelakaan di jalan raya. Apa saja?

Liputan6.com, Jakarta - Berdasarkan data Kepolisian Republik Indonesia, fatalitas akibat kecelakaan lalu lintas tahun 2016 mencapai 25.869 jiwa. Angka tersebut lebih tinggi dibanding tahun 2015 (24.336 jiwa), namun lebih rendah dibanding tahun 2014 (28.297 jiwa).

Berdasarkan data Korlantas Polri tahun 2016, penyumbang kecelakaan terbesar adalah roda dua dengan angka 72 persen. Peningkatan jumlah kecelakaan akibat sepeda motor meningkat secara signifikan, pada rentang 2010 hingga 2016 jumlahnya meningkat tiga kali lipat.

Namun, apa pun jenis kendaraan yang dikemudikan, keamanan dianggap menjadi faktor paling penting yang wajib diperhatikan bagi pengemudi. Jika diabaikan, bukan tidak mungkin masalah besar akan menyapa Anda.

Nah, ada beberapa poin keamanan dasar yang wajib diperhatikan saat mengemudi agar dapat terhindar dari kecelakaan di jalan raya, seperti disitat laman resmi NTMC Polri, ditulis Jumat (27/10/2017):

1. Awasi Kondisi Kendaraan

Pemeliharaan kendaraan, ternyata tidak hanya untuk memperpanjang umur kendaraan, tapi juga penting untuk keselamatan berkendara. Dengan begitu, pemilik menyadari dan mendeteksi sejak dini, apa saja masalah mobil yang tengah dialami sebelum menjadi besar dan mengakibatkan hal yang fatal.

Salah satu masalah pemeliharaan paling umum, yang dapat menyebabkan kecelakaan adalah tekanan ban yang tidak tepat. Tekanan yang tidak merata pada ban, bukan hanya dapat mempengaruhi kinerja bahkan juga bisa menyebabkan ledakan, terutama saat mobil berada pada kecepatan tinggi.

Komponen paling penting lainnya, ada di rem mobil. Jika Anda melihat beberapa kelembutan di pedal rem, atau merasakan getaran ketika rem diterapkan, sebaiknya segera diperiksakan oleh seorang mekanik profesional.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Patuhi Rambu

Rambu lalu lintas yang dipasang di jalan raya bukan hanya sebagai penunjuk jalan atau membuat lalu lintas menjadi lebih tertib. Rambu juga berfungsi untuk melindungi para pengguna kendaraan dari bahaya kecelakaan.

3. Jaga Kecepatan

Akibat kesibukan yang tinggi seringkali membuat banyak pengemudi yang mengabaikan keselamatan, dan memacu kecepatan setinggi-tingginya. Demi mengejar waktu mereka tidak mengindahkan keselamatan, padahal selain membahayakan diri sendiri aksi itu juga akan membahayakan nyawa orang lain.

Selalu gunakan lampu sein di setiap kesempatan, saat akan mengambil jalur lain atau berbelok. Selain itu, spion harus tak pernah luput dari pandangan pengemudi.

4. Sabuk pengaman

Banyak para ahli berkendara sangat menyarankan agar para pengemudi tidak mengabaikan pentingnya pemakaian sabuk pengaman. Sabuk merupakan salah satu alat di dalam mobil yang dapat menyelamatkan nyawa.

Jangan menggunakan sabuk pengaman hanya karena takut pada polisi karena anda yang seharusnya lebih peduli pada keselamatan anda sendiri dibandingkan polisi.

3 dari 3 halaman

5. Jaga Jarak Aman

Agar terhindar dari hal-hal yang tak diinginkan, pengemudi sebaiknya selalu memperhatikan jarak aman saat berkendara. Pengemudi harus cukup cekatan untuk bereaksi jika mobil di depannya berhenti secara tiba-tiba.

6. Jangan Ngantuk

Sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti di Virginia Tech Amerika melaporkan, bahwa 20 persen dari semua kecelakaan lantaran pengemudinya mengantuk. Jika pengemudi sudah cukup lelah, disarankan untuk segera menepi lalu tidur sejenak.

Banyak orang berpikir kalau menguap bukanlah hal yang harus dikhawatirkan. Padahal menguap adalah sistem peringatan dari tubuh untuk segera mengistirahatkan diri dengan cukup.

7. Jangan Menelepon

Sejumlah negara telah meloloskan undang-undang yang melarang penggunaan ponsel saat mengemudi. Alasannya adalah jumlah kematian yang dikaitkan dengan kegiatan tersebut ternyata cukup besar. Hal tersebut, membuktikan bahwa aktivitas menelepon saat mengemudi adalah hal yang sangat berbahaya.

 

 

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.