Sukses

5 Tips Jitu Aman Berkendara untuk Emak-Emak

Berkendara secara aman di jalan raya dapat mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Liputan6.com, Jakarta - Emak-emak merupakan seorang sosok yang tangguh dan penuh tanggung jawab. Salah satu tugasnya adalah mengantar anak ke sekolah atau bahkan berangkat bekerja untuk menghidupi keluarganya.

Bagi emak-emak yang membawa kendaraan sendiri dalam kegiatan sehari-hari, Liputan6.com akan berbagi tips untuk selamat berkendara.

1. Cek Tekanan Angin Roda

Sebelum bepergian jarak jauh atau Anda merasa tekanan angin pada roda sudah lama tidak diperiksa, sebaiknya Anda mengukur tekanan roda yang tersisa pada roda. Anda bisa mengecek menggunakan alat khusus atau mengecek ke tempat pengisian angin yang dilengkapi dengan indikator tekanan angin.

Mengapa harus mengecek tekanan angin dengan akurat? Tekanan roda yang berlebihan akan membuat ban menjadi keras dan rasa berkendara tidak nyaman.

Tekanan angin yang kurang akan memberatkan kinerja mesin, membuatnya boros bahan bakar. Tekanan angin yang tidak sesuai juga dapat memengaruhi pengendalian dan membahayakan. Sesuaikan angin dengan spesifikasi kendaraan Anda.

2. Atur Spion

Spion sangat berguna untuk memberikan informasi kepada pengemudi mengenai keadaan lalu lintas di belakang. Pengaturan spion yang kurang tepat akan menyisakan blind spot yang membuat bermanuver menjadi membahayakan.

Bagi emak-emak pengendara motor, gunakan spion yang memberikan pandangan maksimal seperti bawaan dari pabrikan.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Gunakan Sein

3. Gunakan Sein

Lampu sein berguna untuk memberikan isyarat kepada pengendara lain. Dengan begitu, pengendara lain dapat mengetahui arah tujuan Anda, sekaligus mengantisipasi.

Dan yang terpenting, bagi pengendara motor jangan lupa untuk mengembalikan posisi tuas sein ke posisi sebelumnya agar pengendara lain tidak kebingungan.

4. Gunakan Lajur dengan Tepat

Bagi Anda yang ingin berkendara dengan santai dan tidak terburu-buru, sebaiknya melaju di jalur kiri. Jalur kanan kerap digunakan untuk menyusul. Nah, jangan sekali-kali berkendara di antara dua lajur tersebut

5. Berdandan Sebelum Bepergian

Menggunakan makeup sebaiknya dilakukan sebelum berkendara. Pasalnya menggunakan makeup saat berkendara sangatlah berbahaya. Meskipun keadaan macet, Anda bisa saja tidak fokus terhadap lingkungan sekitar dan membahayakan diri Anda sendiri dan pengguna jalan lainnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.