Sukses

Dena, Mobil Mewah Buatan Iran

Dena datang dalam dua model LX dan Elx. Model pertama akan dilengkapi dengan mesin bensin EF7 dan mesin berbasis CNG. Sedangkan versi Elx akan dilengkapi dengan mesin turbo-charged EF7.

Liputan6.com, Teheran: Produsen otomotif terkemuka di Iran, Iran Khodro Perusahaan (IKCO), meluncurkan mobil mewah "Dena" yang dirakit oleh pabrik dalam negeri. Rencananya, mobil mewah itu akan dijual ke pasar pada April 2012.

Menteri Industri dan Pertambangan Iran Ali-Akbar Mehrabian mengatakan kepada Press TV, mobil mewah Dena dirancang dan diproduksi oleh para ahli otomotif Iran. Pembuatannya sudah sesuai standar emisi Euro IV dan V.

"Dalam kontribusi Iran di pasar mobil, Kita sudah memiliki pasar di 30 negara bagian. Tahun lalu kami sudah mengekspor 40 ribu unit mobil dan sekarang dengan Dena, kami menargetkan pasar mobil mewah," kata CEO Perusahaan Iran Khodro Javad Najmeddin, seperti dilansir Xinhua, Senin (18/4).

"IKCO juga berencana untuk meningkatkan produksi menjadi 730 ribu unit kendaraan per tahun pada akhir 2011 dan meningkatkan volume ekspor lebih dari 600 ribu mobil pada 2016," kata Najmeddin.

Rusia, Suriah, Turki, Irak, Ukraina, dan Mesir merupakan pasar utama yang dituju perusahaan. Dena datang dalam dua model LX dan Elx. Model pertama akan dilengkapi dengan mesin bensin EF7 dan mesin berbasis CNG. Sedangkan versi Elx akan dilengkapi dengan mesin turbo-charged EF7. Gearbox manual juga akan dipasang, tapi sistem transmisi elektronik otomatis bisa menjadi pilihan yang memungkinkan di masa depan.(ULF)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.