Sukses

Legenda Drift Hachiroku ada di IIMS 2011

Mobil drift legendaris dari jepang Toyota Corolla AE 86 hadir di IIMS 2011 di booth Toyota di Hall D arena JIExpo, Kemayoran, Jakarta. Pembaharuan dari mobil tersebut juga ditemui di booth Toyota dengan nama berbeda dan berbodi lebih kekar dan garang yakni Toyota FT-68 G Sports Concept.

Liputn6.com, Jakarta: Gelaran The 19th IIMS 2011 pada hari pertama untuk undangan VIP dan wartawan dibuka, Jumat (22/7). Masing-masing Agen Pemegang Merk (APM) membawa mobil terbaru mereka yang menjadi senjata andalan di medio 2011 ini untuk segera dipasarkan dan mengaspal di Tanah Air. Mulai dari mobil keluarga, sport, MPV (multipurpose vehicle) hingga mobil olahraga drift. Salah satunya seperti dilihat Liputan6.com di booth Toyota di Hall D arena JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat.

Di booth Toyota, ada sebuah mobil drif legendaris yakni Toyota Corolla AE 86 Trueno. Dibalut dengan warna putih dan hitam, sedan legendaris Toyota berpenggerak roda belakang itu tampil memikat para wartawan dan tamu undangan VIP yang sudah mengenal sosok kendaraan sedan hatchback berjuluk Hachiroku itu. Diberi nama Hachiroku artinya adalah 86 dalam bahasa Jepang sesuai dengan namanya AE86.

Kendaran tersebut bermesin empat silinder dengan twin cam dengan kapasitas silinder 1587 cc. Model yang mejeng di booth Toyota di IIMS 2011 ini adalah tipe Trueno. Ada pula tipe lain dari sodara Toyota Corolla AE86 Trueno yakni Toyota Corolla Levin. Bedanya, Trueno mengadopsi lampu depan model pop up atau seperti kelopak yang membuka mata, sedangkan model Levin dengan lampu biasa.

Sayangnya, mobil yang legendaris dipakai drifter kenamaan di Jepang ini tidak dijual umum di Indonesia, tapi ada saudaranya juga namun berbodi beda yakni Toyota Corolla DX. Sedan Toyota Corolla sendiri mulai diproduksi sejak 1983 hingga 1987. Para drifter kenamaan di Jepang satu di antaranya adalah Drift King Kenichi Tsuchiya.

Sementara itu pembaharuan dari sedan legendaris drifter tersebut boleh jadi dijumpai di sosok Toyota FT-86 G Sports Concept yang juga mejeng di booth Toyota dengan warna merah menyala. Sedan ini kali pertama dikenalkan di ajang Tokyo Motor Show pada November 2009 silam dengan tujuan market akan segera dijual di pasaran pada 2012. Mobil Toyota FT-86 G Sport Concenpt juga dikenalkan di ajang di Eropa tepatnya di Geneva Motor Show di 2010 silam. (ARI)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.