Sukses

Honda Juga Akan Recall CR-Z dan CR-V

Setelah merecall puluhan ribu model Fit, Jazz dan City, Honda juga akan merecall model CR-Z dan CR-V karena masalah pada komponen master switch power windownya.

Liputan6.com, Tokyo: Honda Motor Co. menyatakan akan merecall 26 ribu unit CR-Z hibrida di seluruh dunia karena ada masalah pada unit pengontrol mesin, seperti dikutip The Associated Press (AP). Sebanyak 5.626 unit diantaranya direcall dari pasaran AS.

Senin kemarin (5/9) Honda juga mengatakan akan merecall 80.111 CR-V yang diproduksi antara tahun 2006 di AS untuk mengganti komponen master switch power windownya yang bermasalah.

Sebelumnya, Honda telah mengumumkan penarikan sekitar 960 ribu unit Fit subkompak dan sejumlah model lain (Honda Jazz dan Honda City di Indonesia, red) secara global, juga untuk mengganti komponen switch power windownya yang malfungsi.

Di Jepang, Honda merecall model Fit yang diproduksi antara Oktober 2005 hingga Oktober 2009. Sementara di Indonesia, Honda merecall model Jazz yang diproduksi pada Maret 2006 hingga Juni 2008. Totalnya mencapai 35.006 unit. Sementara City yang kena program ini diproduksi pada Oktober 2005 hingga April 2007 sebanyak 7.886 unit.

"Desain komponen master swicth power windownya bisa menyebabkan menumpuknya residu cairan pembersih interior, yang akhirnya nantinya jika swicth itu sering digunakan akan mengakibatkan kontak listrik yang dikawatirkan bisa menimbulkan api," jelas menejemen Honda. 

Honda tidak merinci berapa dana yang akan dikeluarkan untuk mengganti komponen yang rusak itu untuk semua konsumennya di seluruh dunia, mengingat penggantian komponen itu diberikan secara cuma-cuma.

Pabrik Honda di Jepang sebelumnya sempat kehabisan stok suku cadang akibat terjadinya gempa dan tsunami dahsyat 11 Maret lalu. AKibatnya angka penjualan Honda di pasar AS juga turun 6 persen sampai Agustus lalu. (Autonews/mla)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini