Sukses

Ford Pamer Mesin EcoBoost 3 Silinder

Ford Motor Co. pamer mesin terbaru mereka, berkapasitas 1.0 liter, tiga silinder, direct injection turbocharge EcoBoost. Mesin ini katanya cocok untuk mobil kecil.

Liputan6.com, Detroit: Ford Motor Co. coba-coba pamer mesin terbaru mereka, berkapasitas 1.0 liter, tiga silinder, direct injection turbocharge EcoBoost, pada ajang Frankfurt Motor Show, yang berlangsung 10-25 September ini. Mesin yang akan digubakan untuk mobil berukuran kecil ini rencananya akan diproduksi mulai April dan dijual untuk pasaran Eropa.

Ford juga akan membawa mesin kecil ini ke Amerika Utara. "Segera setelah dipasarkan di Eropa," ujar Derrick Kuzak, Vice President untuk Pengembangan
Produk Global. Namun Derrick menolak merinci kapan persisnya waktu penjualan dan mobil apa yang akan dipasangi mesin ini.

Ford mengklaim mesin EcoBoost 3 silinder ini bisa menghasilkan 120 hp (tenaga kuda). Dilengkapi dengan twin independent variable camchaft timing untuk mengurangi konsumsi BBM dan meningkatkan performa.

"Kami juga memperhatikan masalah efisiensi. Jadi tidak hanya kecil tapi juga efisien," jelas Kuzak tanpa merinci sehemat apa mesin baru itu.

Mesin itu juga memiliki sistem pendingin terpisah yang memungkinkan pemanasan cast-iron blok mesin terpisah dari cylinder head. Selain itu juga digunakan sistem roda terbang dan puli untuk mengontrol getaran piston.

Ford menawarkan dua versi mesin EcoBoost 3,5 liter V-6, satu untuk sedan dan crossovers dan lainnya untuk pick-up F-150. Ada juga yang empat silinder berkapasitas 1,6 dan 2,0 liter untuk sedan dan SUV.

Mesin berkapasitas 1,0 liter adalah mesin EcoBoost tiga silinder yang pertama. Biasanya, mesin jenis EcoBoost ini mampu menghemat bahan bakar hingga 20 persen. (autonews/mla)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.