Sukses

Subaru Gandeng Toyota Lahirkan BRZ

Subaru menggandeng Toyota melahirkan Subaru BRZ. Mobil ini diklaim paling kecil dan paling ringan di kelasnya.

Liputan6.com, Frankfurt: Subaru dan Toyota bekerjasama meluncurkan versi teranyar, Subaru new BRZ coupe dan Toyota FT-86. BRZ merupakan kepanjangan dari (B) boxer engine, (R) rear-wheel drive dan (Z) zenith atau gairah utama sedan sport.

Kepala Perencanaan Produksi dan Pengembangan BRZ Toshio Masuda menjelaskan bahwa, BRZ menawarkan mesin tunggal boxer 2,0 liter direct injection 4 silinder, dengan kode "FA". Dia juga mengatakan mesin tersebut menghasilkan kurang dari 300 bhp (boiler horse power), dan pilihan gear box manual 6 kecepatan dan matic 6 kecepatan.

Menurut Toshio Masuda, Subaru BRZ akan diproduksi bersamaan dengan Toyota FT-86, yang merupkan produk "kembaran"nya pada musim semi 2012. BRZ akan menjadi mobil paling ringan dan paling pendek di kelasnya, dengan dimensi panjang kurang dari 1,3 meter. Dia juga akan menjadi mobil yang memiliki gravitasi paling rendah diantara mobil sport berpenggerak roda belakang.

Masuda meyakinkan bawah BRZ yang produksi finalnya akan diperlihatkan pada Tokyo Motor Show, November mendatang, akan memiliki gaya yang sangat berbeda dengan Subaru New Impreza yang pernah diperlihatkan pada LA Motor Show tahun lalu. Secara umum modelnya akan mirip dengan Toyota FT-86, tapi dengan perubahan eksterior depan dan belakang.

Masuda menjanjikan Subaru BRZ akan ada di showroom-showroom Inggris pada 2012. (autocar.co.uk/mla)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.