Sukses

Soal Keselamatan, Chery Tiggo Dapat Rating Jelek

Chery Tiggo mendapatkan nilai buruk dalam tes kecelakaan frontal offset, dan rating nol untuk tes keselamatan pejalan kaki di Australia dan Selandia Baru.

Liputan6.com, Sydney: SUV kompak Chery Tiggo mencetak nilai buruk dalam tes kecelakaan frontal offset, dan bahkan mendapat rating nol untuk tes keselamatan pejalan kaki, menurut data badan yang mengurusi keamanan berkendara untuk wilayah Australia dan Selandia Baru (ANCAP).

Badan yang menjalankan program Assessment test untuk kendaaraan baru di Australia itu menyatakan, kompartemen penumpang Chery Tiggo "kehilangan integritas struktural" dan bahwa "perlindungan terhadap pengemudi dari cedera dada dan kaki
sangat buruk."

Badan ini juga mencatat bahwa kondisi itu memberi Tiggo peringkat nol dalam tes keselamatan pejalan kaki, karena SUV yang disebut J11 di Australia itu, "tidak ramah terhadap pejalan kaki dan pengguna jalan lainnya."

Program "crash test" oleh ANCAP ini didukung oleh Pemerintah Australia dan Selandia Baru, dan klub-klub mobil di kedua negara.

Pada Maret lalu, Chery mulai mengekspor mobil kompak J11 dan A1 ke Australia, dan menambahkan model A3 untuk lineup di musim panas. Pada saat itu, produsen Chery mengatakan akan menjual 5.000 unit di Australia tahun ini.

Chery, yang berbasis di kota Wuhu, di Cina timur, adalah produsen mobil ketiga dari Cina yang mengekspor produknya ke Australia. Pada 2009 lalu, Great Wall Motor Co mulai mengekspor pickup dan SUV ke Australia. Dan pada Januari lalu, Zhejiang Geely Holding Group melakukan pengiriman pertama 100 unit sedan kompak GL untuk dealer-dealer di Perth. (autonewschina.com/mla)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.