Sukses

Mercy Kembangkan Body Berbahan Carbon Fiber

Mercedes-Benz kini tengah mengembangkan E-Class Coupe dengan body berbahan carbon fiber, yang akan dirilis pada 2015.

Liputan6.com, Jakarta: Mercedes-Benz kini tengah mengembangkan body kendaraan berbahan carbon fiber. Seperti dikutip Auto Bild, versi carbon fiber itu diujicobakan pada model Mercedes-Benz E-Class Coupe.

Bahan carbon fiber ini diklaim bisa mereduksi bobot hingga 350 kg, sehingga berat total dari Mercedes-Benz E-Class Coupe menjadi 1.300 kg. Mercedes-Benz juga akan mengembangkan produk tersebut sehingga kita bisa menikmati mulai dari model bermesin hybrid hingga yang berperforma tinggi seperti E-Carbon AMG.

Dengan material carbon fiber, para desainer Mercedes-Benz katanya juga bisa lebih bebas menuangkan kreasinya, sehingga Mercedes-Benz nantinya akan hadir dengan desain dengan style yang lebih dinamis. Meredes-Benz E-Class Superlight (nama yang bakal diusung oleh proyek ini) diharapkan akan hadir di 2015.

Untuk pengembangan body carbon fiber atau serat karbon komposit ini Daimler AG menggendeng Toray Industries, Jepang. Kala itu ujicobanya disepakati menggunakan Mercedes SL-Class pada 2012. Idenya, dengan bahan yang lebih ringan, Mercedes SL-Class itu akan lebih meningkat performanya sebagai mobil sport.

Sebagai pembuat serat sintetis terbesar di Jepang, Toray saat ini menguasai pangsa pasar 34 persen dari produk serat karbon. Perusahaan ini memiliki teknologi canggih untuk membuat komposit serat karbon kurang dari lima menit. (Auto Bild/themercedeslounge/mla)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini