Sukses

Indonesia Basis Produksi Toyota Kedua di ASEAN

Indonesia merupakan basis produksi Toyota terbesar ke-2 di kawasan ASEAN. Setelah Thailand.

Liputan6.com, Tokyo: Indonesia merupakan basis produksi Toyota terbesar ke-2 di kawasan ASEAN. "Saat ini Thailand masih basis produksi Toyota terbesar di ASEAN. Kemudian ada Indonesia, sebagai balance of risk dan balance of production base dari Thailand," kata Direktur PT Toyota Astra Motor Johnny Darmawan pada makan malam dengan sejumlah wartawan Indonesia, di Tokyo, Sabtu (3/12).

Johnny menambahkan, Indonesia telah dan akan semakin menjadi basis produksi grup Toyota yang kuat di ASEAN, dengan adanya perluasan pabrik Daihatsu yang menjadi pabrik terbesar di luar Jepang. Pada 2012 kapasitas produksi Daihatsu akan menembus angka di atas 400 ribu unit.

Sementara TMC itu juga memperluas kapasitas produksi PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) dari 110 ribu unit menjadi 180 ribu unit pada 2012.

Grup Toyota, kata Johnny, juga memiliki basis produksi kendaraan niaga (truk) Hino yang menguasai sekitar 2-3 persen pasar truk di Indonesia. "Secara keseluruhan Grup Toyota telah menguasai 53-54 persen pasar mobil di Indonesia, dengan kapasitas produksi mencapai sekitar 600 ribu unit," katanya. Sampai Oktober 2011, mobil Toyota saja menguasai 36 persen pasar di dalam negeri, kemudian Daihatsu sebesar 15 persen.

Selain itu, untuk itulah, kata dia, TMC berencana meningkatkan pembelian komponen lokal guna memperkuat struktur industri otomotifnya di Indonesia. "Tanpa lokalisasi komponen, maka daya saing produk tidak kuat. AFTA (Asean Free Trade Area) hanya memberi keuntungan pajak (bea masuk), tidak ongkos produksi. Kalau ingin bersaing, harus melakukan lokalisasi komponen," ujar Johnny menegaskan.

Oleh karena itu, ia berharap ada bantuan dari pemerintah untuk menciptakan iklim investasi yang kondusif terutama pemenuhan kebutuhan infrastruktur. Jhonny menyatakan, merujuk pada Thailand yang tidak ditinggalkan Toyota meski bencana banjir menghambat produksi. "Di Thailand, Toyota memiliki kapasitas produksi mencapai sekitar satu juta unit per tahun dan pemasok komponennya lengkap mulai dari lapis 1 sampai 3," katanya.
(Ant/ARI)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini