Sukses

Tips Jitu Jaga Performa Sepeda Motor di Musim Kemarau

Musim kemarau identik dengan debu yang potensial turut jadi masalah bagi mesin sepeda motor.

Liputan6.com, Jakarta - Musim kemarau identik dengan panas dan debu. Walau tanpa guyuran hujan, bukan berarti kendaraan Anda tak butuh perhatian ekstra. Di musim terik ini, juga terdapat tips dan trik khusus untuk menjaga performa sepeda motor kesayangan tetap prima.

Selain suhu yang panas, musim kemarau juga punya ancaman lain, yaitu debu. Partikel tersebut bukan tak mungkin turut mengganggu atau membebani kinerja mesin menjadi lebih berat yang berdampak pada performanya keseluruhan. Jika performa telah menurun, tentu mengurangi kenikmatan saat berkendara.

Berikut adalah beberapa kiat jitu yang berhasil dihimpun oleh tim Liputan6.com untuk menjaga performa sepeda motor ketika musim kemarau:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Sesuaikan Setelan Karburator

1. Atur ulang Setelan Karburator

Suhu udara yang panas berdampak pada molekul oksigen yang mudah terurai, sehingga lebih sulit untuk bercampur bersama dengan bahan bakar. Akibatnya, pembakaran menjadi kurang optimal.

Saat musim berganti, sebaiknya Anda menyempatkan diri untuk membawa tunggangan kesayangan ke bengkel untuk mengatur ulang setelan karburator. Campuran antara udara dan bensin yang tepat membuat kinerja mesin semakin optimal.

3 dari 4 halaman

2. Lebih Rutin Ganti/Bersihkan Filter Udara

2. Ganti/Bersihkan Filter Udara

Suhu udara yang panas otomatis membuat debu semakin banyak di ruang terbuka. Akibatnya, saringan udara pada kendaraan yang sering dibawa bepergian menjadi cepat kotor.

Kondisi saringan udara yang kotor membuat kinerja karburator atau injektor untuk menghisap udara semakin berat. Dampaknya tentu mendongkrak konsumsi pemakaian bahan bakar.

Untuk sepeda motor dengan filter berbahan busa, para pemilik dapat membersihkannya dengan cara mencuci dengan air sabun hingga bersih dan kemudian dijemur hingga kering. Namun untuk sepeda motor dengan bahan filter udara dari kertas yang sulit dicuci, anda dapat membersihkan sela-sela dengan menggunakan kuas.

Tetapi apabila kondisi filter tersebut sudah amat kotor dan sulit untuk dibersihkan, sebaiknya anda ganti ketika kondisi filter udara tersebut dengan yang baru.

4 dari 4 halaman

3. Cek Saringan Bahan Bakar


3. Bersihkan saringan bahan bakar

Saringan bahan bakar turut andil untuk menjaga kinerja mesin. Bensin yang tersaring bersih akan membuat pembakaran pada dapur pacu tetap optimal.

Saat cuaca sedang kemarau atau panas berkepanjang, tips berikutnya adalah sebaiknya Anda bersihkan secara teratur saringan bahan bakar untuk menjaga kualitas bensin yang dihisap oleh mesin. Apabila kondisi saringan bensin sudah amat kotor berkerak dan sulit dibersihkan, sebaiknya ganti baru agar tidak berdampak tersumbatnya komponen injektor ataupun karburator sepeda motor akibat kotoran yang menumpuk. (Ysp/Des)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini