Sukses

Siapkan Mobil Rp 61 Juta, Pabrikan Tiongkok Bidik Tanah Karawang

Pabrikan asal Tiongkok itu sudah memiliki izin prinsip karena telah menyiapkan lahan sekira 6,7 hektare (ha) di Karawang.

Liputan6.com, Jakarta - Informasi kehadiran GM-SAIC di Indonesia kian jelas. Kali ini, informasi menyebut bahwa pabrikan yang merupakan kolaborasi General Motors (GM) dan SAIC Motor Corp itu membidik tanah seluas 6,7 hektare di daerah Karawang, Jawa Barat, sebagai basis produksi.

Diungkapkan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Indonesia (BKPM) Franky Sibarani, pabrikan asal Tiongkok itu sudah memiliki izin prinsip karena telah menyiapkan lahan sekira 6,7 hektare (ha) di Karawang.

"Untuk otomotif ada yang masuk, itu investasi baru. Mereka sudah dapat izin prinsip. Proses berikutnya izin lokasi," ujar dia saat berbincang dengan wartawan di kantornya, Jakarta, Rabu (11/2/2015).

Kendati telah menyebut pabrikan asal Tiongkok yang telah mengantongi izin untuk investasi, Franky enggan menyebut secara gamblang nama perusahaannya. "Ada kode etiknya jadi nggak bisa sebut," ucap dia.

Adapun, GM-SAIC memang santer diberitakan bakal masuk Indonesia dan siap meramaikan pasar otomotif. Dilaporkan, pabrikan bakal memiliki produk yang menyasar kelas MPV dan LCGC. Tersiar kabar, sebuah model dengan merek Wuling dikatakan bakal hadir dengan banderol yang lebih kompetitif.

>>>Klik laman berikutnya

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Siap bersaing dengan pabrikan Jepang

Diungkapkan Plt (Pelaksana Tugas) Direktur Jenderal Industri Unggulan (IUBTT) Kemenperin, Panggah Susanto, perusahaan tersebut adalah kerjasama antara General Motors (GM) dan SAIC Motor Corp yang bakal memasarkan mobil dengan merek Wuling.

"Yang Tiongkok dengan GM itu, dia mau berinvestasi di sini, produknya yang mau dibuat itu jenis MPV dan LCGC," ujarnya di Jakarta. Lanjut Panggah pabrik GM-SAIC diperkirakan bakal memiliki kapasitas produksi 150 ribu unit per tahun.

Sementara itu, laman Reuters menyebutkan bahwa GM-SAIC setidaknya menggelontorkan dana tak kurang dari US$ 700 juta untuk membangun pabrik. Jika tidak ada aral melintang fasilitas produksi itu mulai beroperasi pada 2017.

Kabar yang berkembang, untuk bersaing dengan Honda Mobilio, Suzuki Ertiga, Toyota Avanza, dan Daihatsu Xenia, GM-SAIC menyiapkan Wuling, yang dijual di Tiongkok sekira 30 ribu yuan atau setara Rp 61 juta.

(Gst/Igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.