Sukses

Nissan Siapkan Pikap Tercepat di Dunia?

Nissan membuka selubung Titan XD Triple Nickel yang diproyeksikan menjadi pikap tercepat di dunia.

Liputan6.com, Las Vegas - Nissan bekerja sama dengan perusahaan publik yang bergerak di bidang kelistrikan, Cummins, untuk membuat sebuah pikap anyar. Model kolaborasi tersebut diperkenalkan di SEMA 2015, Las Vegas.

Melansir Worldcarfans, Jumat (6/11/2015), pikap kolaborasi tersebut diberi nama Titan XD Triple Nickel. Dianggap berkarakter, Texas Auto Writers Association memberi pikap dengan dengan gelar `Truck of Texas`.

Kolaborasi yang dinamai Project Triple Nickel telah dimulai sejak beberapa minggu lalu. Sampai pameran berlangsung, mereka berhasil membuat pikap dengan suspensi rendah, ban Mickey Thompson, kursi Ultra Shield, serta front air dam.

Proyek kolaborasi ini tidak sebatas pada membuat pikap saja. Menurut Pierre Loing, vice president, product planning, Nissan North America, pikap ini bisa saja diproyeksikan untuk memecahkan rekor sebagai pikap tercepat di dunia.

"Rekor kecepatan darat adalah salah satu yang paling menarik dan sulit dalam dunia motorsport, dan apa yang kita pelajari dari itu adalah berusaha agar terus bermanfaat bagi pengembangan Titan," ujar Loing dalam situs resmi mereka.

Sementara menurut Jeff Caldwell, general manager of Global Pickup & Van Business Cummins, pemecahan rekor ini belum dapat dipastikan kapan akan dilakukan. "Tim kami telah membicarakan proyek rekor kecepatan darat, entah kapan," ujarnya.

Jika hal ini jadi mereka lakukan, maka pikap ini akan masuk ke kelas D/DT dan FIA A-III-9. Di kelas D/DT, rekor kecepatan tertinggi sampai saat ini adalah 307 km/jam, sementara di kelas D/DT sendiri kecepatan tertingginya 185 km/jam. Perlu kecepatan yang lebih tinggi dari itu untuk memecahkan rekor.

(rio/ian)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.